Pak Yes Jadi Irup Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Lamongan, JP –  Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Lamongan berjalan dengan lancar dan khidmat.

Mengusung tema Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat, upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Lamongan, Rabu (17/8) diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari berbagai instansi seperti Kodim 0812/Lamongan, Polres Lamongan, Satpol PP, Korpri, Mahasiswa, Pramuka hingga pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi secara langsung bertindak sebagai Inspektur upacara dan Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur dipercaya membacakan Teks Proklamasi kemerdekaan RI. Sementara Kapten Kav Sumaji dari kodim 0812/Lamongan ditunjuk sebagai komandan upacara.

Baca Juga  Pemerintah Naikkan Tarif Listrik R2 Non Subsidi 1 Juli 2022

Dalam rangkaian upacara, pengibaran bendera sang saka merah putih menjadi salah satu momen paling istimewa saat upacara. Untuk itu berbagai persiapan dilakukan agar proses sakral ini berjalan lancar.

Setelah sebelumnya dikukuhkan, kini ketujuh puluh enam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Lamongan telah berhasil menyelesaikan dengan baik.

Sebelumnya, bendera merah putih diserahkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kepada pembawa baki, Shevira Maulidia Putri dari SMAN 1 Sekaran yang kemudian diberikan kepada Bening Brillyan Taura Abdi selaku pembawa bendera asal MAN 1 Lamongan untuk dikibarkan.

Pembentangan sempurna oleh Tyo Pratama Afrianto dari SMAN 1 Lamongan menjadi awal baik dan keselarasan lagu Indonesia raya bersamaan dengan naiknya bendera mampu diselesaikan secara epic oleh Muhammad Angga Eka Prasetya selaku Penarik bendera dari SMA Panca Marga Lamongan.

Baca Juga  Menteri ATR dan Gubernur Jatim Serahkan Sertifikasi Aset Pemda di Jawa Timur

Usai upacara, Bupati Yes bersama Wabup Abdul Rouf turut memberikan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya Tahun 2022 kepada Sekretaris Daerah Lamongan Mohammad Nalikan yang telah mengabdi selama 30 tahun. Selain sekda ada beberapa pejabat Pemkab Lamongan yang diberikan tanda kehormatan karena telah mengabdi selama 20 tahun, seperti Suyatmoko (Kepala Bappelitbangda), Ahmad Farikh (Kepala Badan Pendapatan Daerah), Anang Taufik (Kadis Lingkungan Hidup), Fida Nurfaida (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana), Dianto Hari Wibowo (Kepala Bakesbangpol) dan Farah Damayanti (Kadis Kearsipan & Perpustakaan) serta Camat Lamongan Fathur Rozi yang bekerja selama 30 tahun.

Tak hanya memberikan tanda kehormatan kepada pejabat setempat, Bupati Yes juga memberikan santunan kepada para veteran yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI, serta secara simbolis memberikan remisi kepada warga binaan Lapas Kelas II B Lamongan.

Baca Juga  Dukung Pembangunan RS UPT Vertikal Surabaya, Wagub Emil Optimis Perkuat Layanan Kesehatan Masyarakat

Rangkaian puncak peringatan HUT ke- 77 RI kemudian dilanjutkan mengikuti upacara detik-detik proklamasi bersama Presiden Joko Widodo secara virtual yang diikuti oleh jajaran Forkopimda Lamongan. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *