Jasamarga Pastikan Kesiapan Tol Libur Idul Adha

JATIMPEDIA, Surabaya – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan kesiapan pelayanan operasional jalan pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yakni 14-18 Juni 2024 di empat ruas tol sepanjang Trans Jawa.

Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol Pratomo Bimawan menyampaikan kesiapan operasional di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang Seksi A,B,C, serta Tol Surabaya-Gempol guna mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas pada periode tersebut.

“Lonjakan volume kendaraan pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah berpotensi cukup tinggi. Dari rekam data perhitungan volume lalu lintas periode libur panjang H-3 sampai H+1 sebelumnya meningkat 60,80 persen dari lalu lintas normal di Gerbang Tol Cikampek Utama,” katanya di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Baca Juga  BEI Sebut Investor Pasar Modal RI Tembus 13 Juta

Ia mengatakan antisipasi lonjakan volume lalu lintas periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dilakukan dengan memastikan 100 persen operasional gardu termasuk optimalisasi Oblique Approach Booth (OAB) dan menyiagakan Mobile Reader (MR).

Langkah preventif pada layanan preservasi juga dilakukan dengan memastikan pembersihan drainase, menyiagakan pompa untuk mengantisipasi genangan, serta tim pemeliharaan yang selalu siaga antisipasi kendala perjalanan berupa lubang.

Layanan pendukung lain yang tidak kalah penting adalah memastikan area rehat dapat memberikan fasilitas terbaik termasuk kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet, memastikan ketersediaan BBM, serta menyiapkan manajemen arus lalu lintas.

Jasamarga Transjawa Tol terus berupaya melakukan optimalisasi teknologi seperti pemanfaatan platform Intelligent Transport System dan pengoperasian Lane Control Signal untuk mendukung rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan pihak kepolisian.

Baca Juga  Jumlah Kendaraan Yang Melintas di Tol Gempol-Pandaan Naik 70 Persen Selama Mudik Lebaran

Pihaknya mengimbau pengguna jalan mempersiapkan perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

“Selalu berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.3 untuk pengguna iOS dan Android,” kata dia. (cin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *