Astra Property Luncurkan Kampanye Earth Life Matters
Jakarta, JP – Astra Property dalam menyambut ulang tahun keeenam melalui salah satu proyeknya, Menara Astra, menggelar kampanye bertajuk Earth Life Matters dalam tagar #EarthLifeMAtters.
Berlangsung dari 19 September-14 Oktober 2022, kampanye ini bertujuan mengedukasi serta mengajak karyawan dan publik agar terus peduli dan turut berpartisipasi pada gerakan keberlanjutan (sustainability) atau yang lebih dikenal dengan istilah ESG (environmental, social, governance).
“Menjalankan sustainability initiatives memerlukan komitmen dan konsistensi dari berbagai pihak, tidak hanya tim pengelola gedung Menara Astra, namun semua stakeholders yang terlibat. Ini perlu dimulai dari sekarang, dari diri sendiri, dan sesederhana mungkin, serta dilakukan bersama-sama agar menciptakan dampak positif yang besar,” kata Djap Tet Fa, presiden direktur Astra Property, dalam keterangan resmi, Kamis (22/9).
Menurut dia, kampanye #EarthLifeMAtters mengomunikasikan empat pilar program keberlanjutan Astra Property yang dilakukan oleh Menara Astra, yakni #EverySwitchMAtters terkait energy saving atau langkah penggunaan energi secara bijak, #EveryWasteMAtters terkait waste management atau manajemen pengelolaan limbah padat, #EveryDropMAtters terkait water saving atau penggunaan air secara bijak, dan #EveryPeopleMAtters terkait community development.
Kampanye #EarthLifeMAtters, kata dia, dilakukan oleh Menara Astra secara offline dan online. Untuk program offline, kampanye #EarthLifeMAtters akan menampilkan sejumlah informasi terkait sustainability initiatives yang dijalankan di Menara Astra. Sebagai langkah edukasi dan memantik kepedulian publik, di beberapa area Menara Astra, terdapat stand informasi mengenai sustainability initiatives yang dijalankan, antara lain di area lantai dua ritel, area depan foodcourt ZEST dan area sky lobby lantai tiga.
Dia menambahkan, untuk menarik perhatian dan meningkatkan partisipasi publik, kampanye #EarthLifeMAtters menghadirkan beberapa permainan di activation booth sky lobby. Selain itu, di area ZEST, pengunjung akan disuguhkan beberapa pop up info mengenai penghematan air dan pengelolaan sampah yang kemudian akan mengarahkan pengunjung untuk dapat memilah sampahnya yang berjenis plastik dan membuangnya di kotak khusus ‘Semangat Kurangi Plastik’ agar dapat diolah lebih lanjut.
Keseruan kampanye, kata dia, dimeriahkan dengan adanya program promo dari ZEST bagi para pengunjung Menara Astra. Bagi pembeli yang membawa tumbler dan lunch box sendiri, akan mendapatkan diskon sebesar 30%.
Saat ini, dia menyatakan, Menara Astra yang sudah mendapatkan sertifikat Green Mark dengan peringkat Platinum dari Building & Construction Authority Singapura, menerapkan beberapa standar yang ditetapkan, di antaranya terkait konservasi energi, konservasi air, kualitas udara, dan kenyamanan ruangan.
Tak hanya mengadakan program offline, Djap menegaskan, keseruan kampanye #EarthLifeMAtters Menara Astra tampak pada aktivitas online yang diselenggarakan, seperti dihadirkannya program photo competition dan kuis, yang tentunya menawarkan hadiah menarik bagi pemenangnya.
Pada acara kick off kampanye #EarthLifeMAtters, Senin (19/9/2022), Menara Astra melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Octopus, yang akan bertindak sebagai waste management partner Menara Astra. Melalui Octopus, Menara Astra mempraktikkan pemilahan sampah sebelum kemudian dikelola sesuai jenis sampahnya sehingga tidak dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau yang biasa disebut zero to landfill.
“Melalui kampanye #EarthLifeMAtters dan kerjasama bersama Octopus, Menara Astra berharap seluruh penyewa gedung dan karyawan yang bekerja di Menara Astra dapat turut berpartisipasi dalam pengelolaan sampah agar bersama-sama dapat memberikan efek positif bagi lingkungan dan komunitas,” kata Djap. (raf)