Astra Financial Terus Berinovasi Perkuat Ekosistem Digital

Surabaya,JP – Astra Financial terus berupaya untuk mengembangkan layanannya melalui sejumlah inovasi digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sudah serba digital. Kini, seluruh unit bisnis Astra Financial memiliki inovasinya masing-masing dalam pengembangan layanan digital.

Hal itu terungkap dalam acara “Astra Financial Talk” bersama media sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIIAS Surabaya 2022 yang berlangsung pada 14-18 September 2022.

Diskusi yang berlangsung di Grand Dafam Signature Hotel Surabaya, Jumat (16/9) tersebut menghadirkan Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.

Keempat narasumber ini membahas mengenai perkembangan bisnis pembiayaan dan asuransi, khususnya di wilayah Jawa Timur, serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

Baca Juga  GIIAS 2022, FIF Group Bukukan Pembiayaan 360 Motor Rp 7 ,6 Miliar

Selain itu, mereka juga menjabarkan fitur unggulan terkait layanan digital di masing-masing unit bisnis, khususnya dalam mendukung industri otomotif di Tanah Air, salah satunya melalui GIIAS 2022.

Kepala Wilayah Toyota Astra Finance (TAF), Irwan Raharjo mencatat pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp1,02 triliun di Jawa Timur pada semester pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 37,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp742,9 miliar. Sedangkan dari sisi jumlah pembiayaan pada semester pertama 2022 mencapai 5.606 unit mobil, meningkat 27,8% dibandingkan periode yang sama 2021 sebesar 4.387 unit.

“Kinerja positif ini selain karena menggeliatnya ekonomi pasca pandemi dan membaiknya pasar otomotif di Tanah Air, juga digitalisasi yang dilakukan perusahaan. Ini membuat layanan kian cepat dan mudah, jangkauan lebih luas dan semakin dekat dengan customer,” jelasnya.

Baca Juga  BRI Surabaya Manukan Berbagi Kebahagiaan Ramadhan Bersama Panti Asuhan di Benowo

TAF sendiri terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services. Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.

Kepala Wilayah Asuransi Astra Jawa Timur, Muliawansyah menambahkan, digitalisasi sudah dilakukan oleh Asuransi Astra sejak tahun 2015 yakni aplikasi Garda Mobile Otocare. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan layanan kepada customer seperti terkait pengajuan klaim, hingga melakukan pembelian terhadap segala kebutuhan otomotif.

“Namun layanan offline tetap kami lakukan karena memang layanan asuransi harus tatap muka untuk memperkuat omnichannel. Namun diversifikasi dan inovasi terus kami lakukan untuk memberikan value added ke konsumen,” ujarnya.

Baca Juga  Kuartal III-2022, Astra International Masih Kuasai Pasar Otomotif

Sepanjang semester 1 tahun 2022, Asuransi Astra wilayah Jawa Timur mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *