Transaksi SPKLU di Jatim Naik Dua Kali Lipat di Lebaran 2024
JATIMPEDIA, Surabaya – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi di 126 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN yang disediakan selama masa mudik Lebaran 2024 untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV). Lokasinya tersebar di 56 titik di seluruh Jawa Timur dengan 176 personil siaga selama 24 jam.
Sejak 1 April hingga 16 April 2024, tercatat lebih dari 1.280 transaksi di SPKLU PLN Jawa Timur atau rata-rata 85 kali transaksi per harinya. Jumlah ini meningkat 2 (dua) kali lipat jika dibandingkan pada hari biasa yang mencapai 40 kali transaksi per hari.
General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, Rabu (17/4/2024) mengatakan, dengan semakin tingginya pengguna kendaraan listrik pada momen lebaran tahun ini turut mendongkrak konsumsi daya SPKLU PLN hingga sebesar 24.975 kWh pada periode 1 hingga 16 April 2024.
“Ketersediaan SPKLU PLN di seluruh Rest Area dan tempat-tempat strategis dari Sumatera, Jawa hingga Bali menjadi sinyal positif bagi pengguna kendaraan listrik, sehingga tidak sedikit pemudik yang menggunakan mobil listrik. Masyarakat merasa semakin tenang dan nyaman menggunakan kendaraan listrik, apalagi dapat merencanakan perjalanannya melalui fitur Trip Planner di Aplikasi PLN Mobile,” ujar Agus.
Mudik lebaran menggunakan mobil pribadi masih menjadi favorit. Bahkan, bukan hanya kendaraan bermesin bahan bakar yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman, namun banyak juga yang menggunakan mobil listrik. Menurut Kementerian Perhubungan, 4.000 EV diproyeksikan berpartisipasi dalam mudik Lebaran 2024.
Untuk menunjang SPKLU, PLN juga telah menambahkan fitur Trip Planner pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik dalam melakukan perjalanan jarak jauh dapat menyiapkan manajemen perjalanan mobil listriknya.
“Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut. Selain itu PLN juga menambahkan fitur tombol pop up hotline SPKLU pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru yang akan langsung menghubungkan pelanggan pada nomor whatsapp customer service SPKLU. Hotline juga dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 dan nomor whatsapp 087-77-1112-123,” pungkas Agus.(EKA)