Transaksi Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara Capai Rp 4 M

Batu, JP – Selama penyelenggaraan  Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu mencatat telah terjadi transaksi Rp 4 milliar. Transaksi dicapai oleh 75 partisipan yang berpartisipasi dalam event tersebut menampilkan produk-produk unggulannya.

Puluhan partisipan itu terdiri dari perwakilan beberapa pemda, BUMN maupun pelaku pariwisata hingga pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan animo masyarakat yang berkunjung cukup tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan nilai perputaran uang yang bernilai fantastis. Arief mengklaim, selama tiga hari penyelenggaraan, nilai perputaran uang mencapai Rp4 miliar.

“Kami menerima laporan, perputaran uang selama event ini mencapai Rp4 miliar. Penjualanya cukup pesat mulai dari produk kuliner hingga produk ekonomi kreatif,” kata Arief saat hari terakhir penyelenggaraan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara, Sabtu (27/8).

Baca Juga  Kredit UMKM Kota Batu di Semester I-2022 Capai Rp2 Triliun

Ia mengatakan, tingginya nilai perputaran uang juga tak lepas dari pelaksanaan Batu Great Sale selama event tersebut. Konsepnya dengan memberikan promo diskon hingga 50 persen untuk tarif kamar hotel maupun tarif tiket destinasi wisata. Upaya ini sebagai daya tarik meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu.

“Bisa dikatakan konsep Batu Great Sale ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Menawarkan promo diskon secara masif oleh pengelola hotel maupun destinasi wisata. Pada hari kedua saja, sudah ada 200 kamar yang dipesan,” tutur Arief.

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengapresiasi konsep Batu Great Sale yang baru pertama kali diluncurkan Disparta Kota Batu. Menurutnya, terobosan itu bisa menjadi stimulus memacu pendapatan sektor jasa akomodasi perhotelan.

Baca Juga  Potensi Wisata Kota Batu Dipromosikan ke Malaysia

“Memang baru pertama dimulai. Tapi bisa menjadi pijakan awal agar Batu Great Sale diselenggarakan secara berkelanjutan. Sehingga pengelola perhotelan bisa menawarkan promo diskon menarik,” pungkas Sujud.

Saat penutupan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022, Disparta Kota Batu juga meluncurkan rencana event KWB Super Adventure 5 yang bakal digelar pada 8-9 Oktober. Penyelenggaraan event ini berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari Polres Batu, TNI serta sejumlah komunitas. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *