Grup Astra Kembali Dominasi Penjualan
Toyota, melalui PT Toyota Astra Motor (TAM), kembali menjadi merek mobil terlaris dengan whole sales sebesar 27.030 unit, diikuti oleh Daihatsu dengan 14.096 unit. Honda berada di posisi ketiga dengan 8.633 unit, mencatatkan kenaikan signifikan sebesar 8,92 persen dibandingkan September 2024 (7.926 unit).
Penjualan Suzuki juga mencuri perhatian dengan kenaikan 5,94 persen menjadi 5.491 unit, berhasil melampaui Mitsubishi Motors yang mencatatkan penurunan sebesar 5,80 persen menjadi 5.486 unit. Merek lain yang masuk daftar penjualan tertinggi adalah Mitsubishi Fuso (2.414 unit), Isuzu (2.106 unit), Hino (2.320 unit), Hyundai (1.711 unit), dan Wuling.
Tantangan dan Harapan di Tengah Tahun Politik
Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi, menjelaskan bahwa pasar otomotif Indonesia sepanjang 2024 menghadapi tekanan dari berbagai faktor seperti tingginya suku bunga acuan, ketidakpastian global, serta situasi politik dalam negeri. Namun, ia optimis pameran otomotif yang digelar sepanjang tahun dapat mendukung pemulihan pasar dan merangsang daya beli masyarakat.
Pameran terakhir GAIKINDO tahun ini, Mandiri Utama Finance – GAIKINDO Jakarta Auto Week (MUF-GJAW) 2024, akan digelar pada 22 November hingga 1 Desember 2024 di ICE BSD City, Banten. Nangoi berharap momentum ini dapat membantu industri otomotif mencapai target penjualan 850 ribu unit pada 2024.
“Pada akhir tahun ini, kami ingin menggencarkan penjualan otomotif dengan memberikan ruang bagi para peserta untuk menawarkan promo spesial atau diskon yang dapat menarik minat masyarakat,” ungkap Nangoi.
Daftar Penjualan Mobil Terlaris Oktober 2024
- Toyota – 27.030 unit
- Daihatsu – 14.096 unit
- Honda – 8.633 unit
- Suzuki – 5.491 unit
- Mitsubishi Motors – 5.486 unit
- Mitsubishi Fuso – 2.414 unit
- Isuzu – 2.106 unit
- Hino – 2.320 unit
- Hyundai – 1.711 unit
Dengan upaya sinergis ini, GAIKINDO optimis industri otomotif Indonesia akan terus tumbuh, meski menghadapi berbagai tantangan. (raf)