Dominasi Merek Jepang Tetap Kuat, Wuling Masuk 10 Besar Penjualan Juli 2024

JATIMPEDIA, Jakarta – Penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan pada Juli 2024, namun beberapa merek berhasil mencatat angka penjualan yang mengesankan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), total penjualan mobil secara whole sales mencapai 74.160 unit pada bulan Juli, turun 7,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan retail juga mengalami penurunan tipis, dengan total 75.609 unit terjual, berkurang satu persen dari Juli 2023. Merek-merek dari Grup Astra masih mendominasi pasar, dengan Toyota memimpin penjualan sebesar 27.126 unit dan Daihatsu di posisi kedua dengan 13.910 unit. Honda mencatat penjualan 6.249 unit, diikuti oleh Mitsubishi Motors dengan 5.569 unit dan Suzuki yang menjual 5.410 unit. Isuzu, Mitsubishi Fuso, Hyundai (HMID), Hino, dan Wuling melengkapi daftar 10 besar merek mobil terlaris, dengan Wuling meraih posisi ke-10 dengan penjualan 1.526 unit.

Baca Juga  PLN Mempermudah Pengguna Mobil Listrik di Jakarta: 300 Titik Pengisian Rumah Aktif dan Diskon Tarif

Ketua  GAIKINDO, Jongkie Sugiarto, mengungkapkan bahwa penjualan whole sales sepanjang Januari hingga Juli 2024 turun 17,5 persen YoY, dan penjualan retail juga mengalami penurunan sebesar 12,2 persen YoY. Jongkie berharap penurunan ini dapat diperbaiki dalam empat bulan sisa tahun ini. GAIKINDO sebelumnya menargetkan penjualan mobil sebesar 1,1 juta unit untuk tahun 2024, namun melihat kondisi pasar yang lesu, ada kemungkinan target tersebut akan direvisi. “Kami masih akan membahas revisi target dengan anggota GAIKINDO dan agen pemegang merek,” kata Jongkie.(raf))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *