Solar dan Pertalite Besok Naik ? Ini Jawaban BPH Migas dan Pertamina

Surabaya, JP – Kenaikan BBM subbsidi jenis solar dan pertalite kabarnya naik mulai besok dengan besaran variatif. Meski demikian, baik Pertamina maupun BPH Migas belum bisa memastikan kapan kenaikan itu dilakukan.

Keputusan kenaikan harga BBM penugasan dan subsidi ini hanya tinggal diputuskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam informasi yang beredar di kalangan media, sejatinya ketentuan kenaikan harga BBM Pertalite dan Soilar Subsidi sudah di tangan Presiden Jokowi.

“Ada beberapa alternatif (harga BBM) tinggal diputuskan Presiden,” terang sumber Jatimpedia.id, Selasa (30/8).

Sementara untuk harga baru BBM Pertalite dan Solar Subsidi kelak berada di range Rp 8.500 per liter – Rp 10.000 per liter. “Untuk Solar Subsidi sudah pasti di bawah Rp 10.000. Sementara Pertalite maksimal Rp 10.000 bisa juga di bawahnya,” tandas dia.

Baca Juga  Terkesan Wisata Banyuwangi, Denny Caknan Janji Kembali

Saat informasi ini dikonfirmasi ke BPH Migas, mereka tidak bisa memastikan. Komite BPH Migas, Wahyudi Anas saat ditanya mengaku hingga Selasa siang pihaknya belum mengetahui rencana BBM subsidi naik mulai Rabu besok.

“Jangankan kepastian, revisi perpres yang menjadi dasar penyesuaian harha BBM subsidi kami juga belum dapat. Sehingga kami tidak tahu apakah BBM besok jafi naik atau tidak,” kata Wahyudi Anas kepada Jatimpedia di acara Gas Expo 2022 di Hotel Westin Surabaya, Selasa siang.

Hal senada disampaikan Corporate Secreatry PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting. Irto menegaskan, hingga Selasa siang harga Pertalite masih Rp 7.650 perliter dan biosolar masih Rp 5.150 perliter.

Baca Juga  Direksi PPN Pastikan Kesiapan Sarfas Penyaluran BBM dan LPG Hadapi Libur Lebaran

“Hingga Selasa malam ini harga BBM subsidi masih tetap,” kata Irto Ginting.

Dari informasi yang diterima sebelumnya, bahwa kenaikan harga BBM ini akan diputuskan pada 31 Agustus 2022 ini, dan harga baru Pertalite dan Solar Subsidi akan resmi berlaku pada 1 September 2022.

Kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi ini sudah di depan mata. Dalam rencana kenaikan harga BBM ini, pemerintah bahkan sepakat untuk menebar bantalan sosial sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *