Rekor, KAI Layani 10,6 Juta Pemudik dalam Sepekan
JATIMPEDIA, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Group mencatat telah melayani sebanyak 10.620.836 penumpang selama periode angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 hingga 28 Maret 2025.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan bahwa pada periode ini, KAI Group menyediakan total 59.129.350 kursi untuk para pelanggan.
“Dari total kapasitas tersebut, 98% merupakan kelas ekonomi, mencakup 2.164.488 tempat duduk untuk Kereta Api (KA) Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk untuk KA Ekonomi Lokal, termasuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek,” ujar Didiek dikutip dari keterangan resmi, Minggu (30/3/2025).
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan bahwa dari total 10,6 juta penumpang yang terlayani selama arus mudik, distribusinya sebagai berikut:
- 1.445.965 penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal KAI
- 8.272.047 pengguna Commuter Line (KAI Commuter)
- 535.543 penumpang LRT Jabodebek
- 95.471 pengguna LRT Sumsel
- 161.596 penumpang KAI Bandara
- 102.546 penumpang Whoosh (KCIC)
- 4.511 penumpang KAI Wisata
- 3.158 penumpang KA Makassar-Parepare
“Puncak arus mudik terjadi pada 28 Maret 2025, dengan penjualan tiket mencapai 215.646 tiket dalam sehari, terdiri dari 184.008 tiket KA Jarak Jauh dan 31.638 tiket KA Lokal. Ini merupakan angka tertinggi selama periode Angkutan Lebaran 2025,” jelas Anne.
Kepadatan arus mudik masih berlanjut hingga 29 Maret 2025, dengan 186.074 tiket terjual dalam sehari. Jumlah ini terdiri dari 167.481 tiket KA Jarak Jauh dan 18.593 tiket KA Lokal, dan diperkirakan akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.
Selama periode Angkutan Lebaran 2025, KAI mengoperasikan 9.656 perjalanan kereta api, meningkat 8% dibandingkan tahun sebelumnya.
Dengan total kapasitas 4.591.510 kursi, KAI berupaya memastikan layanan transportasi yang nyaman dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.
Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI juga menambah 1.080 perjalanan tambahan di berbagai rute favorit.
Anne mengingatkan pelanggan agar selalu membawa dokumen identitas resmi serta tiket perjalanan agar proses boarding berjalan lancar. (raf)