PLN Sukseskan Peresmian KMP di Seluruh Madura
JATIMPEDIA, Pamekasan – PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung agenda strategis nasional melalui jaminan pasokan listrik yang andal dan layanan berkualitas.
Dukungan tersebut diwujudkan secara nyata dalam keterlibatan aktif PLN UP3 Madura pada kegiatan peresmian serentak 80.000 Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Senin (21/7/2025).
Sebagai bagian dari sinergi lintas sektor untuk memperkuat kemandirian ekonomi di tingkat akar rumput, peresmian KMP di wilayah kerja PLN UP3 Madura dilaksanakan di empat kabupaten, masing-masing berlokasi di Gedung Ratu Ebu, Kabupaten Bangkalan, Smart Room Pendopo Kabupaten Sampang, Pendopo RonggoSukowati, Kabupaten Pamekasan dan di halaman Kantor Bupati Sumenep, Kabupaten Sumenep.
Manajer PLN UP3 Madura, Fahmi Fahresi menyatakan bahwa PLN hadir bukan hanya sebagai penyedia energi, tetapi juga sebagai mitra pembangunan nasional yang konsisten dalam mengawal setiap inisiatif strategis pemerintah.
“PLN senantiasa mendukung langkah pemerintah dalam mendorong pemerataan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa melalui koperasi,” ucapnya.
“Kami pastikan keandalan pasokan listrik tetap terjaga selama kegiatan berlangsung, sebagai bentuk kontribusi nyata PLN dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional dari tingkat desa.”
Program Koperasi Merah Putih merupakan bagian dari upaya sistematis negara dalam membangun ekosistem ekonomi lokal yang berkelanjutan dan inklusif. Melalui koperasi desa dan kelurahan, diharapkan terbentuk pilar-pilar ekonomi kerakyatan yang mampu menjadi tulang punggung pertumbuhan nasional.
PLN, sebagai BUMN strategis di sektor ketenagalistrikan, berkomitmen untuk terus hadir di tengah masyarakat dengan layanan listrik yang andal, responsif, dan mendukung setiap aspek pembangunan, baik sosial, ekonomi, maupun kemasyarakatan.
Dia menambahkan guna menjamin kelancaran kegiatan peresmian yang berlangsung secara serentak tersebut, PLN UP3 Madura mengerahkan seluruh sumber daya teknisnya melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) setempat.
Langkah antisipatif berupa survei teknis, inspeksi instalasi, serta penempatan personel siaga dan peralatan pendukung telah dilakukan sejak jauh hari. Koordinasi intensif dengan panitia pelaksana di masing-masing titik juga dilakukan untuk memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan berada pada kondisi optimal. (cin)