79 Persen Pekerja PG Rejo Agung Warga Sekitar

Madiun,JP –  Selama musim giling 2022 tahun ini, Pabrik Gula (PG) Rejo Agung Baru, Madiun, mampu menyerap 712 tenaga kerja lokal. Unit usaha PT PG Rajawali, anak perusahaan BUMN PT RNI (Persero) bidang agro industri tebu ini total mempekerjakan 900 karyawan, yang 79 di antaranya pekerja lokal.

General Manajer PG Rejo Agung Baru Wisnu Subroto dalam keterangan resminya menyebutkan, perusahaan melibatkan 900 karyawan dan 712 atau sekitar 79 persen merupakan warga lokal sekitar pabrik.

“Kami yang beroperasi di Kota Madiun, khususnya di Desa Patihan, Kecamatan Manguharjo selalu berkomitmen melibatkan tenaga lokal, sebagai upaya memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga mampu memajukan perekonomian di daerah,” kata Wisnu.

Baca Juga  SIG dan BRIN Kerja Sama Bidang Riset untuk Ciptakan Produk dan Layanan Berkelanjutan

Dikatakan, tenaga kerja lokal yang diserap merupakan talenta unggulan yang berasal dari desa sekitar pabrik dan memiliki latar belakang beragam. Dengan melibatkan tenaga lokal, Wisnu berharap memberi energi positif dan mampu meningkatkan kinerja pabrik.

“Di tengah gelombang PHK yang menimpa sejumlah perusahaan karena pandemi COVID-19, kami di PG Rejo Agung Baru terus mengedepankan penyerapan tenaga kerja yang unggul di sekitar pabrik,” kata Wisnu.

Sementara itu, hingga 30 Juni 2022, PG Rejo Agung Baru Madiun telah memproduksi sebanyak 12.088 ton gula dan produknya bermerek Raja Gula kemasan 50 kilogram dan 1 kilogram.

Kapasitas giling saat ini sebesar 5.800 ton cane per day (TCD), dengan luas area tanaman tebu yang dikelola mencapai 9 ribu hektare, terdiri atas lahan kemitraan dengan petani 82 persen dan 18 persen merupakan lahan sendiri. (eka)

Baca Juga  PTPN X Bantu Pembangunan Asrama Pondok Pesantren Darul Abror Pasuruan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *