Lima Masjid Jatim Sabet Juara dengan Predikat Masjid Terbaik dalam DMI Award 2022

Surabaya, JP  – Lima masjid di Jawa Timur menyabet gelar juara dengan predikat ‘Masjid Terbaik’ dalam ajang Dewan Masjid Indonesia Award (DMI Award) ke-1 Tahun 2022.

Sebagaimana diumumkan dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Nomor: 01/SK/DMIAWARD/PP-DMI/VII/2022 tentang Penetapan Pemenang DMI Award ke-1 2022, lima masjid di Jatim berhasil menyabet juara di beberapa kategori.

Lima masjid peraih juara DMI Award 2022 yaitu, Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso meraih Juara 1 Masjid Agung Terbaik, kemudian Masjid Sabilillah Malang meraih Juara 1 Masjid Besar Terbaik dan Masjid Arif Nurul Huda Polda Jatim meraih Juara 1 Masjid Perkantoran Terbaik.

Selain itu juga Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya sebagai Juara 3 Masjid Mall/Rest Area/Terbaik dan yang terakhir Masjid Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya meraih Juara 2 Masjid Kampus Terbaik.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Sebut Peran Vital Media Massa Dukung Penguatan Pembangunan di Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi capaian prestasi ini. Menurutnya, capaian ini membuktikan bahwa kelima masjid tersebut layak menjadi contoh bagi para pengelola masjid di Indonesia dalam memberikan layanan terbaik kepada para jamaah dan masyarakat luas.

“Alhamdulillah, saya secara khusus mengucapkan selamat pada para pemenang DMI Award. Semoga capaian ini melecut semangat sekaligus menginspirasi masjid-masjid lain di Jawa Timur untuk terus berinovasi dalam memakmurkan masjid,” kata Gubernur Khofifah, Jumat (1/7/2022).

Pasalnya, masjid saat ini bukan hanya menjadi pusat ibadah saja. Melainkan juga pendidikan dan pemberdayaan umat. Sehingga inovasi penyiapan dan penyediaan sarana prasarana yang memadai di masjid akan mendukung terwujudnya kelancaran kegiatan di masjid.

“Jika program dan kegiatan masjid dibuat dalam kemasan yang menarik, maka akan semakin bersemangat orang datang ke masjid. Karena saat ini masjid tak hanya untuk ibadah, tapi juga pendidikan dan pemberdayaan umat,” tambahnya.

Baca Juga  KPK Tunjuk Desa Sukojati Banyuwangi Jadi Percontohan Anti Koruipsi

Bahkan, Gubernur Khofifah menyarankan setiap masjid harus mulai bergerak melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. Dengan harapan syiar dan dakwah masjid bisa lebih maksimal dan jangkauannya pun lebih luas.

Lebih lanjut, kelima masjid yang meraih juara dalam DMI Award 2022 diyakini Gubernur Khofifah telah berupaya keras dalam memajukan masjid. Sebab dalam ajang DMI Award terdapat beberapa program yang menjadi penilaian.

Mulai dari perbaikan sistem pengeras suara, pembuatan aplikasi masjid dan media digital, kampanye masjid bersih dan sehat, pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, manajemen masjid, sertifikasi tanah wakaf masjid, arsitektur masjid, pendidikan dan dakwah, serta wisata religi.

Sebagamana diketahui, DMI merupakan salah satu organisasi masjid di Indonesia yang memiliki keanggotaan Masjid, Dewan Kehormatan Masjid (DKM), Jama’ah Masjid dan Musholla.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Apresiasi Kolaborasi Pemprov Jatim dengan Kodam V Brawijaya

Salah satu tugas DMI adalah memperkuat pengelolaan masjid dan musholla di Nusantara berdasarkan manajemen modern yang lebih profesional dan sistematik. Dalam rangka standarisasi manajemen masjid dan musholla itulah DMI Awrad itu digelar untuk pertama kalinya pada tahun 2022 ini.

Sementata itu menurut Ketua Umum DMI M Jusuf Kalla, digelarnya penyelenggaraan DMI Award adalah untuk perbaikan sistem pengelolaan masjid yang baik. Sehingga seluruh masjid di Indonesia bisa semakin maju dan memberi kemanfaatan yang lebih besar untuk umat muslim dan lingkungan sekitarnya. (puji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *