Liburan Sekolah, Pelajar Mojokerto Belajar Buat Animasi

JATIMPEDIA, Mojokerto –¬†Liburan sekolah tidak berarti libur untuk belajar. Melalui program Holiday Creativity para pelajar SD di Kota Mojokerto diperkenalkan cara membuat animasi sederhana bersama Siti Pinter (Sinau Teknologi Informasi Program Telecenter.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto, Kamis (4/7/2024), melalui kegiatan yang diprakarsai oleh Diskominfo ini, Penjabat (Pj). Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menggali kreativitas pelajar Mojokerto  sejak dini juga untuk meningkatkan literasi digital.

“Literasi digital itu tidak hanya tahu bagaimana menggunakan tapi bagaimana cara membuat. Animasi ini tentu sudah dikenal oleh anak-anak,” tuturnya.

Dalam Holiday Creativity yang digelar pada 2-3 Juli 2024, 20 pelajar Mojokerto kelas 4, 5 dan 6 SD dari berbagai sekolah dasar di Kota Mojokerto ini mendapatkan materi tentang membuat alur cerita pada hari pertama pertama pelatihan.

Baca Juga  Bupati Ipuk Optimis Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Melonjak Tahun Ini

Hari kedua semakin seru dengan praktik secara langsung bagaimana membuat animasi dengan program Canva berdasarkan alur cerita yang telah dibuat sebelumnya.

Kenzo, murid dari SDN Balongsari menceritakan membuat animasi bersama Siti Pinter merupakan pengalaman pertamanya.

“Ini pertama kali belajar animasi, ada yang agak sulit, tapi juga ada mudah,” ceritanya.

Lain halnya dengan Java, Ia cukup lancar menggunakan fitur dalam program canva seperti menambahkan buble chat yang menceritakan alur cerita maupun menambahkan fitur agar objek dalam gambar bisa bergerak.

“Dulu sudah pernah belajar bikin animasi di sini juga, tapi sama teman-teman sekolah, jadi sudah agak bisa,” kisahnya.

Selain memberikan pelatihan membuat animasi sederhana, program Holiday Creativity Siti Pinter, juga akan memberikan pelatihan singkat untuk menjadi jurnalis cilik yang akan digelar pekan depan. (sat)

Baca Juga  Berkendara Semakin Nyaman dan #Cari_aman, Kenali Dulu Fitur- Fiturnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *