Bisnis

Kuartal I-2025, Penumpang KA di Stasiun Malang Naik 9,05 Persen

JATIMPEDIA, Malang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat jumlah penumpang di Stasiun Malang di Kota Malang, pada kuartal I 2025 mengalami kenaikan 9,05 persen dibanding periode yang sama tahun 2024.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Kota Malang, Kamis, mengatakan pada kuartal I 2025 terdapat 654.514 orang penumpang yang melakukan mobilitas dari StasiunMalang.

“Selama kuartal I tahun 2025, yakni pada Januari hingga Maret 2025 jumlah penumpang yang dilayani di StasiunMalang mencapai 654.516 orang atau meningkat 9,05 persen dari tahun lalu,” kata Luqman.

Sedangkan, pada kuartal I pada 2024 jumlah penumpang yang tercatat di Stasiun Malang berada di angka 595.241 orang.

Baca Juga  KAI Daop 9 Operasikan 22 Perjalanan KA Selama Libur Nataru

PT KAI Daop 8 Surabaya merinci pada Januari 2025 angka keberangkatan dari Stasiun Malang sebanyak 85.553 orang penumpang dan 85.266 penumpang tiba.

Kemudian, jumlah keberangkatan pada Februari, yakni mencapai 77.504 penumpang. Sedangkan, jumlah kedatangan sebanyak 71.012 penumpang.

Pada Maret 2025, jumlah penumpang berangkat mencapai 77.284 penumpang dan 63.920 penumpang tiba di Stasiun Malang.

 

“Untuk April tercatat 89.182 penumpang naik atau berangkat dan 104.795 penumpang turun atau tiba. Destinasi favorit penumpang dari Stasiun Malang didominasi tujuan Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Banyuwangi dan Jember,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang di stasiun tersebut pada kuartal I 2025 menandakan tingkat pergerakan masyarakat dalam kondisi baik.

Baca Juga  KAI Daop 8 Terapkan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

Selain itu, juga menjadi cermin bahwa masyarakat memiliki kepercayaan terhadap pelayanan jasa angkutan yang diberikan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya.

“Pertumbuhan volume penumpang di Stasiun Malang merupakan hasil dari konsistensi KAI dalam menghadirkan layanan prima, mulai dari peningkatan kenyamanan, kemudahan akses tiket, hingga ketepatan waktu yang terus kami jaga,” ucapnya.

 

Dia menyatakan bahwa kondisi yang ada pada kuartal I 2025 harus menjadi pemacu meningkatkan kinerja pelayanan bagi seluruh pengguna jasa angkutan perkeretaapian.

“KAI Daop 8 Surabaya terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu, serta beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan,” kata dia. (eka)