Kampung PLN Mobile, Upaya Permudah Layanan untuk Masyarakat
JATIMPEDIA, Surabaya – Tingkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa resmikan Kampung PLN Mobile di berbagai wilayah Jawa Timur.
Kehadiran Kampung PLN Mobile ini agar mendekatkan masyarakat dengan layanan digital PLN dalam melakukan pembayaran tagihan listrik, pengaduan gangguan, hingga pengajuan layanan baru secara lebih mudah dan praktis.
Di Madura, Kampung PLN Mobile diresmikan di Selong Permai, Sampang pada Jumat (21/2/2025). Peresmian ini dilakukan langsung oleh Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura, Fahmi Fahresi bersama Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sampang, Redi Ramadhan. Ketua RW 09, Bahrul Alim juga memberikan ungkapan terima kasih serta harapannya atas program ini.
“Terima kasih telah memilih Selong Permai sebagai Kampung PLN Mobile-nya Sampang. Kami sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini, karena mempermudah kami dalam mengurus berbagai layanan kelistrikan. Harapan kami, semoga listrik di Sampang tetap terjaga dan masyarakat bisa menikmati manfaatnya untuk kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya dalam keterangan tertulis Surabaya, Sabtu (1/3/2025).
Sementara di Banyuwangi, peresmian kampung PLN Mobile dilaksanakan di Dusun Tegal Wagah, Desa Siliragung. Dusun Tegal Wagah dipilih sebagai percontohan Kampung PLN Mobile berkat tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan aplikasi digital PLN.
Peresmian program ini juga telah dilakukan pada tanggal 8 dan 17 Februari 2025 oleh PLN UP3 Situbondo dan PLN UP3 Pasuruan. Peresmian Kampung PLN Mobile Situbondo ini berlangsung di Desa Kalimas.
Di Pasuruan, Peresmian Kampung PLN Mobile berlangsung di Dusun Ngadilegi. Peresmian dilakukan langsung oleh Manajer PLN UP3 Pasuruan, Agus Susanto, yang disaksikan oleh Kepala Dusun Ngadilegi, Sunaryo Agus Cahyono, dan seluruh warga setempat.
General Manager PLN UID Jawa Timur, Ahmad Mustaqir mengatakan dengan diresmikannya Kampung PLN Mobile di Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan, dan Madura, PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan kelistrikan yang mudah dan terjangkau.
“Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk aktif menggunakan aplikasi PLN Mobile sebagai solusi cerdas berbagai kebutuhan listrik mereka,’ pungkas Ahmad. (raf)