JasaMarga Optimalkan Tol Surabaya-Mojokerto ke Tujuan Wisata

JATIMPEDIA, Surabaya – PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) terus mengoptimalkan layanan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto saat libur panjang Iduladha 1445 Hijriah.

“Tujuannya untuk memperlancar akses menuju destinasi wisata,” kata Dirut PT Jasamarga Surabaya Mojokerto , D. Hari Pratama, Senin (17/6/2024).

Menurut dia, PT JSM telah menyiapkan berbagai upaya untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan. Di antaranya dengan transaksi menggunakan mobile reader (pembayaran nirkabel) untuk mengurangi antrean di gerbang tol.

Selain itu juga memastikan berfungsinya peralatan dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol. Serta memastikan berfungsinya CCTV dan Dynamic Message Sign (DMS) untuk layanan lalu lintas.

“Ini untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi melalui aplikasi Travoy,” ujar Hari. Di samping tentunya menempatkan personel pada lokasi-lokasi yang berpotensi padat di sepanjang Tol Surabaya-Mojokerto.

Baca Juga  Dua Proyek Properti Sinar Mas Land di Surabaya Ini Diburu Konsumen

Terkait pemeliharaan, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto menyiagakan tim untuk normalisasi jalan, pembersihan drainase, dan pembangunan tanggul penahan banjir. Tak lupa menyiagakan personel dan sarana untuk mengantisipasi keadaan darurat bila terjadi genangan air di badan jalan.

Optimalisasi layanan pendukung lain yang tidak kalah penting adalah memastikan berfungsinya rest area dengan benar dan baik. Caranya melalui terpenuhinya kebutuhan air bersih, berfungsinya toilet umum, tersedianya BBM, dan manajemen lalu lintas di rest area.

Volume lalu lintas menuju daerah wisata Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Mojokerto, terpantau meningkat selama libur Iduladha. Pada Sabtu (15/6/2024), kendaraan yang meninggalkan Surabaya melalui Gerbang Tol (GT) Warugunung sebanyak 24 ribu unit.

Baca Juga  43 Persen Lahan Tol Kertosono-Kediri Sudah Dibebaskan

Ini berarti peningkatan 33 persen dibandingkan pada kondisi normal yaitu sebanyak 18 ribu unit kendaraan. Sementara kendaraan yang masuk Surabaya mencapai 23.500 unit, naik 27 persen dari kondisi normal sebanyak 18.500 unit kendaraan.

PT JSM adalah anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. Menurut Hari, perseroan berkomitmen untuk selalu menjaga kondisi jalan tol sesuai dengan standar pelayanan minimal.

Dia juga mengimbau pengguna jalan tol untuk memastikan kondisi kendaraan, ketersediaan saldo uang elektronik, serta kecukupan BBM. “Jika lelah berkendara, silakan beristirahat di tempat yang telah disediakan dan tetap menaati peraturan,” ujarnya. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *