Blitar Ethnic Carnival Bakal Siapkan Konsep Empat Benua

JATIMPEDIA, Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar tengah menyiapkan event tahunan Blitar Ethnic Nasional (BEN) Carnival 2024 yang akan dilangsungkan bulan depan. Sesuai rencana, tahun ini BEN Carnival akan menyuguhkan sederet penampilan seni dan budaya dari empat benua.

Dikutip dari laman resmi Pemkot Blitar, Selasa (9/7/2024), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono menjelaskan, tahun ini BEN Carnival akan dikonsep lebih menarik. Panitia penyelenggara akan lebih fokus terhadap kualitas dibandingkan kuantitasnya.

Menurut Edy, berdasarkan rencana, BEN Carnival tahun ini akan menyuguhkan tiga kategori penampilan. Kategori pertama seni – budaya dari empat benua, mulai Eropa, Afrika, Amerika dan Asia. Kemudian kategori ke dua akan menampilkan kesenian dari anggota Apeksi wilayah IV yang terdiri dari Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 10 daerah lainnya. Sedangkan kategori yang ketiga adalah seni budaya dari Nusantara. “Bulan depan bersamaan dengan Muskerwil IV Apeksi, jadi nanti ada perwakilan dari beberapa daerah yang ikut menyemarakan BEN Carnival,” kata Edy.

Baca Juga  Khofifah Terima Penghargaan dan Pin 9 Windu Kemerdekaan RI dari DHD PK 45

Edy menegaskan, penentuan tema bagi peserta BEN Carnival sudah diundi. Kini, masing – masing peserta mulai melakukan berbagai persiapan. Nantinya, OPD juga dibebaskan untuk menggaet seniman dari daerah asal agar penampilannya lebih mengesankan. “Jadi OPD nanti akan berkolaborasi dengan seniman dari daerah yang sesuai tema. Tahun kemarin sudah kita coba dan terbukti menambah ruh dalam setiap penampilannya,” jelas Edy.

Sementara itu Sobat, BEN Carnival telah digelar Pemerintah Daerah sejak 2022 lalu. Agenda ini menjadi ajang pewarisan nilai budaya lokal, menggerakkan ekonomi masyarakat, dan melestarikan nilai-nilai asli Indonesia yang dikemas dengan pertunjukan modern. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *