Kuartal III-2022, Astra International Masih Kuasai Pasar Otomotif
Jakarta, JP – Grup usaha otomotif, Astra, di bawah kendali PT Astra International Tbk (ASII) masih mendominasi pasar otomotif nasional. Sampai dengan kuartal III 2022, berbagai merek di bawah Astra Group bisa menguasai pasar hingga 55%.
Fakta ini terungkap dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Total penjualan mobil nasional selama Januari hingga September 2022 mencapai 758.216 unit. Dari jumlah tersebut, Grup Astra berhasil menguasai hingga 413.464 unit atau setara 55% pangsa pasar nasional.
“Penjualan mobil Astra hingga September 2022 mencapai 413.464 unit atau meningkat sebesar 20% dibanding periode yang sama pada tahun lalu,” ungkap Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam keterangan resminya, Kamis (13/8).
Jika dilihat per model, penjualan tertinggi Astra masih ditopang oleh Toyota plus Lexus. Hingga September 2022 angkanya sudah mencapai 243.883 unit dan menjadi market leader. Daihatsu memberi kontribusi terbanyak kedua bagi Astra dengan penjualan 140.398 unit, disusul Isuzu 27.388 unit, UD Trucks 1.407 unit dan Peugeot 288 unit.
Khusus di bulan September 2022, penjualan Astra Group mencapai 56.022 unit. Sedangkan total penjualan seluruh merek mencapai 99.986 unit.
“Kinerja penjualan mobil Astra pada September 2022 juga menunjukkan peningkatan sebesar 12% secara bulanan. Daya beli masyarakat yang cukup baik turut menopang pertumbuhan volume penjualan mobil hingga kuartal ketiga 2022 ini,” ujar Boy Kelana.
Sementara itu untuk merek non-Astra seperti Mitsubishi, total penjualannya hingga September 2022 mencapai 102.111 unit, Honda 96.985 unit, Suzuki 64.595 unit, Hyundai 24.371 unit, Wuling 18.588 unit, Nissan 1.901 unit, dan penjualan gabungan merek lainnya anggota Gaikindo sebanyak 36.201 unit.
Salah satu group Astra yang berhasil mencatatkan kinerja baik adalah Daihatsu. Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyampaikan, secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 9 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,2%, naik sebesar 1,9% dibandingkan YTD September 2021 yang sebesar 17,3%. “Daihatsu bersyukur dapat meraih hasil penjualan dengan capaian positif. Raihan hingga kuartal III ini bahkan telah melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama tahun 2019 lalu ketika sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga raihan positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Hendrayadi. (raf)