Dorong Pertumbuhan UMKM, CIMB Niaga Permudah Layanan Keuangan
JATIMPEDIA, Jember – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mendukung kemudahan layanan keuangan bagi masyarakat di berbagai daerah, salah satunya di Jember.
Sebagai salah satu pelopor perbankan digital di Indonesia, CIMB Niaga juga terus berinovasi untuk memberikan customer experience yang optimal bagi nasabah melalui layanan digital.
Layanan tersebut di antaranya aplikasi digital banking OCTO Mobile dan intemet banking OCTO Clicks yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi sehari-hari, membuka tabungan, mengajukan pinjaman, hingga berinvestasi dari mana saja dan kapan saja.
Kemudahan layanan keuangan juga dilakukan guna mendukung UMKM/pemilik toko melalui penyediaan aplikasi OCTO Merchant.
Aplikasi ini dapat memfasilitasi transaksi secara cashless menggunakan QRIS dan uang hasil transaksi langsung masuk ke rekening merchant secara real-time, sehingga cashflow usaha tetap terjaga.
Head of Region Jawa Timur CIMB Niaga Rhena Octaria mengatakan Jember merupakan wilayah yang memiliki prospek ekonomi menarik di Jawa Timur, utamanya pada sektor agribisnis, perkebunan, dan pariwisata.
Karena itu, CIMB Niaga hadir dengan layanan perbankan yang komprehensif baik melalui kantor cabang maupun digital untuk memberikan solusi keuangan yang lebih dekat dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha di Jember.
Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan berbagai inisiatif yang relevan untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah dan masyarakat.
“Salah satunya Ngobrol Biznis (NGOBIZ) pada 2024 dan 2025 sebagai wujud dukungan nyata CIMB Niaga untuk para pengusaha segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jember,” ujarnya,Selasa (13/8/2025).
Melalui acara ini, CIMB Niaga berbagi wawasan tentang peluang, tantangan, serta strategi pengelolaan keuangan di segmen UKM, serta solusi perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga untuk kemajuan bisnis nasabah.
“Kami berharap inisiatif dan layanan keuangan CIMB Niaga tersebut dapat mendukung nasabah untuk terus berkembang, sejalan dengan tujuan kami yakni advancing customers and society,” kata Rhena dalam Media Gathering CIMB Niaga di Jember, Selasa (12/8/2025).
Selain menghadirkan layanan finansial dan beragam kegiatan yang relevan, CIMB Niaga juga terus menjalankan praktik bisnis berkelanjutan sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).
Sementara Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan menyampaikan bahwa hingga semester 1/2025, hampir 25% dari total pembiayaan Bank atau senilai Rp57,6 triliun telah dialokasikan untuk mendukung transisi yang adil, ekonomi rendah karbon, dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari PBB.
“Melalui implementasi sustainability, kami terus berusaha membangun bisnis yang berkelanjutan dengan melakukan sinergi antara aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial, dan tata kelola ke dalam proses perbankan,” terangnya.
Pihaknya juga berpartisipasi dalam peluncuran perdagangan karbon internasional melalui platform Indonesia Carbon Exchange, IDX Carbon, pada Januari tahun ini.
“Selain itu, kami meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan untuk mendukung operasional berkelanjutan dengan pemasangan panel surya di sejumlah kantor operasional CIMB Niaga,” ujar Hery.
Hery menambahkan, dalam menghadapi kondisi yang semakin dinamis saat ini, CIMB Niaga tetap berkomitmen memberikan nilai lebih kepada seluruh pemangku kepentingan.
Sejalan dengan tujuan Perseroan Advancing Customers and Society, CIMB Niaga akan terus berfokus menyediakan solusi perbankan yang optimal, agar nasabah dan masyarakat termasuk di Jember dapat senantiasa berkembang dan merasakan dampak positifnya secara inklusif. (cin)