BPKN Tinjau Distribusi BBM, Pastikan Layanan Berkualitas bagi Konsumen
JATIMPEDIA, Jakarta – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan peninjauan langsung terhadap distribusi dan layanan penjualan BBM dengan mengunjungi Integrated Terminal Jakarta Plumpang dan SPBU di Jakarta Timur pada Jumat (7/3). Langkah ini bertujuan untuk memastikan layanan yang berkualitas bagi konsumen.
Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala BPKN, M. Mufti Mubarok, didampingi oleh jajaran anggota BPKN serta Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Patra Niaga, Mia Krishna Anggraini. Rangkaian kegiatan dimulai dengan inspeksi di Integrated Terminal Jakarta Plumpang sebagai salah satu pusat distribusi utama, lalu dilanjutkan dengan peninjauan ke SPBU 34.13209 di Jl. Pemuda, Jakarta Timur.
Menurut Kepala BPKN, M. Mufti Mubarok, langkah ini merupakan bagian dari upaya proaktif BPKN untuk memahami lebih dalam proses distribusi BBM, sehingga dapat memberikan edukasi kepada konsumen terkait hak-hak mereka.
“Kami ingin memastikan bahwa setiap tahapan distribusi BBM yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga telah memenuhi standar kualitas dan tidak merugikan konsumen, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan terbaik. Dengan mengunjungi Terminal BBM dan SPBU, kami dapat mengamati langsung bagaimana mekanisme distribusi dijalankan, termasuk pengawasan yang diterapkan,” ujar Mufti.
Dari hasil pengecekannya, Mufti mengungkap bahwa pihaknya sangat menghargai transparansi dan pengawasan yang diterapkan oleh Pertamina Patra Niaga. Ia berharap distribusi BBM dapat terus dijalankan dengan baik, menjaga kualitas produk, serta memastikan tidak ada penyimpangan yang merugikan konsumen.
“Kami melihat bahwa setiap tahapan distribusi yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sudah memenuhi standar yang ketat. Mulai dari proses di Terminal BBM hingga ke SPBU, semuanya memiliki quality control. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakan BBM Pertamina,” pungkasnya.
Untuk memastikan perlindungan konsumen, BPKN akan segera membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) yang terdiri dari lembaga independen. “TPF ini nantinya akan menghasilkan rekomendasi yang independen, sehingga hak-hak konsumen dapat terjamin,” tambah Mufti.
Sementara itu, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Patra Niaga, Mia Krishna Anggraini, menegaskan komitmen Pertamina Patra Niaga dalam menjaga integritas distribusi serta memastikan kualitas BBM yang diterima masyarakat tetap terjaga.
”Pertamina Patra Niaga secara konsisten memastikan setiap titik distribusi BBM terjaga kualitasnya melalui pengawasan yang ketat. Kami berupaya keras agar masyarakat selalu menerima BBM yang aman dan sesuai standar. Sinergi dengan BPKN ini menjadi langkah penting untuk memperkuat transparansi dan menjaga kepercayaan publik terhadap layanan kami,” jelas Mia.(raf)