Tiga Media Lokal Gresik Raih Penghargaan Inovasi di Jatim Media Summit 2024
JATIMPEDIA, Surabaya,– Tiga media lokal Gresik meraih penghargaan Media Innovation Awards 2024 yang dipersembahkan PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam acara Jatim Media Summit 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.
Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyerahkan penghargaan kepada tiga mediay akni Gresik Satu, Kabar Gresik dan Info Gresik, didampingi dua Inisiator Jatim MediaS ummit 2024 yakni CEO Suara.com Suwarjono dan CEO Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto
“Selamat kepada tiga media Gresik, terima kasih Freeport sudah support. Beruntung kita(dengan) kehadiran Freeport, pada akhirnya tidak saja memberikan efek meningkatkan investasi Jawa Timur, tapi juga akan berdampak pada teman-teman media semuanya.Terutama banyak pembelajaran yang dibawa oleh Freeport,” kata Adhy.
Ia mengatakan disrupsi teknologi informasi dan pandemi COVID-19 menyebabkanperubahan serta peralihan dari media cetak ke platform digital. Laporan UNESCO tahun2022 mencatat distribusi iklan media cetak secara global turun dari 22,9 % pada 2010 menjadi 5,7 % pada 2021. Terjadi perubahan yang drastis terhadap dunia media, dimana media cetak berangsur-angsur berkurang dan beralih platform online digital.
“Perubahan pola masyarakat dalam konsumsi media sudah sangat internet minded.Semua orang berinteraksi melalui platform online, sehingga potensi iklan online semakin menjamur dan ini adalah kesempatan emas,” tambahnya.Ia berharap media dapat mempelajari langkah-langkah menjadi perusahaan media yang mandiri, profesional, serta mampu menghidupi perusahaan. “Dan pada akhirnya dengan tegar, lantang menyuarakan suatu pemberitaan yang riil dari suara hati masyarakatmaupun pemerintah,” katanya.
Vice President Corporate Communications PTFI Katri Krisnati menyampaikan selamats erta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada media-media di Gresik yang turutberpartisipasi dalam Media Innovation Award. “Media merupakan mitra strategis Freeport Indonesia dan kami ingin terus mendukung media lokal terus bertumbuh, berkolaborasi,dan berinovasi sehingga makin berdaya di tengah era disrupsi media saat ini,” katanya.Untuk diketahui dalam Media Innovation Award ini media-media lokal Gresik
mendaftarkan proposal ide bisnis media kepada panitia Jatim Media Summit 2024 untuk menjalani proses inkubasi. Pada tahap ini mereka merumuskan ide serta inovasi pengembangan medianya. Kata kunci utama dari perumusan ide-ide inovatif tersebut adalah kolaborasi dan audiens muda.
Proses inkubasi itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Jatim Media Summit2024 dalam bentuk workshop di Gresik. Di workshop tersebut, sebanyak 20 pengelolamedia mendapatkan sesi berbagi seputar pengembangan konten media digital. “Dari proposal yang masuk, kami seleksi hingga terpilih tiga proposal ide dan inovasi bisnis yang menarik dan orisinil. Para pemenang penghargaan mendapatkan Media Innovation Grant dari Freeport Indonesia dan pendampingan selama mengembangkan bisnisnya,” kata CEO Suara.com Suwarjono.
Gresik Satu, salah satunya. Mereka memiliki ide untuk menggabungkan beragam elemen masyarakat, baik itu media, influencer, komunitas maupun UMKM, dalam satu platform digital yang lengkap. Nantinya, beragam elemen itu akan diberikan pelatihan serta workshop untuk dapat meningkatkan skill mereka untuk jangka panjang. Adapun Kabar gresik berupaya menggerakkan jurnalisme warga agar bisa mempercepat penyebaran informasi.
Menariknya, workshop standar jurnalistik yang diadakan di warung kopi. Target audiensnya berasal dari beragam lapisan masyarakat dan usia. Lain lagi Info Gresik. Mereka ingin melakukan kegiatan dengan pendekatan informasi sehingga bisa memicu keakraban dan engagement antar audiens. Penekanan dalam gagasan mereka yakni interaksi tinggi dengan masyarakat untuk menjaga kelestarian bahasa daerah mereka.
“Semoga langkah kecil ini bermanfaat bagi media-media lokal dan kami berharap ide dan gagasan bisnisnya dapat terwujud sehingga media menjadi berdaya dan mandiri, serta menginspirasi media-media lain untuk terus memajukan usahanya sekaligus tetap menjaga independensinya sebagai media,” kata Katri.
Untuk diketahui JMS 2024 diikuti 135 media dari Jawa Timur dan beberapa provinsi diantaranya Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Kaltim. Kegiatan ini berlangsung dua hari menghadirkan narasumber dari akademisi, platform digital, pengelola media lokal serta agensi iklan digital. Tujuan JMS 2024 adalah memberikan pengetahuan dan akses kepada media-media lokal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan meraih peluang untuk pengembangan medianya masing-masing.(eka)