Selama Ramadan, Lion Parcel Catat Pengiriman di Surabaya Naik 50 Persen
JATIMPEDIA, Surabaya – Lion Parcel (PT Lion Express) perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia mencatat terjadinya peningkatan tonase pengiriman lebih dari 50% di Surabaya pada periode Ramadan 2024 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Adanya peningkatan ini seiring dengan tingginya belanja online untuk memenuhi kebutuhan puasa dan persiapan lebaran.
Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel menjelaskan kinerja positif ini tidak terlepas dari tren belanja online yang selalu meningkat signifikan di momen Ramadan hingga menjelang Lebaran, termasuk di wilayah Surabaya. Perilaku masyarakat yang semakin terbentuk mengandalkan teknologi turut mendorong pertumbuhan industri logistik sebagai enabler transaksi online.
“Setiap tahun kami selalu mempersiapkan berbagai antisipasi dan persiapan menghadapi peak season di bulan Ramadan, baik dari sisi operasional maupun program untuk pelanggan. Kami bersyukur antusiasme belanja online dari masyarakat di bulan Ramadan turut memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis kami,” ungkap Kenny.
Dari sisi operasional khusus di wilayah Surabaya, terutama untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman termasuk di momen peak season Ramadan 2024, pihaknya memperluas kapasitas gudang agar dapat mendukung alur distribusi barang menjadi lebih cepat dan efisien.
Penambahan armada juga dilakukan untuk beberapa daerah guna mengantisipasi lonjakan pengiriman agar tetap memberikan layanan pengiriman yang tepat waktu bagi pelanggan. Dengan strategi dan persiapan yang dilakukan, berhasil tetap memberikan layanan yang baik bagi pelanggan, terbukti dapat menjaga tingkat Service Level Agreement (SLA) di atas 96%.
Selain itu, pihaknya juga menghadirkan berbagai program dan layanan untuk menarik pelanggan. Terbaru, Lion Parcel meluncurkan metode pembayaran COD Ongkir yang memungkinkan pelanggan membayar ongkos kirim saat menerima barang.
Pada kesempatan yang sama, Budi Santoso, Chief Experience Officer Lion Parcel menambahkan Lion Parcel juga melakukan berbagai strategi dan persiapan dari sisi customer experience untuk dapat melayani pelanggan dengan baik termasuk di momen peak season Ramadan.
“Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang baik bagi pelanggan, sehingga customer experience menjadi fokus kami pada keseluruhan proses pengiriman. Di sisi teknologi, kami juga telah menambahkan kapasitas bandwidth untuk mengantisipasi peningkatan permintaan terhadap layanan customer service kami,” ujar Budi.
Sebagai perusahaan yang fokus pada customer experience, Lion Parcel juga melakukan berbagai pengembangan teknologi untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik. Salah satunya adalah Virtual Assistant Lion Parcel yaitu Liona, yang telah dilengkapi teknologi terkini Generative AI untuk dapat melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat, efektif, dan efisien.
“Lion Parcel telah menetapkan aturan yang jelas antara peran teknologi dengan agen customer service. Dengan demikian, keberadaan teknologi dan keterlibatan manusia menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk menghadirkan pengalaman pengalaman yang mengesankan,” tutup Budi. (eka)