971.861 Penumpang Berpotensi Terbang dari Bandara AP II

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Angkasa Pura II menyatakan bahwa potensi pergerakan penumpang pada moda transportasi pesawat udara diperkirakan sebanyak 971.861 orang, saat momen libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Pada long weekend Idul Adha 15-18 Juni, penumpang pesawat di 20 bandara AP (Angkasa Pura) II diproyeksikan mencapai 971.861 penumpang,” kata Pgs. SVP of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Cin Asmoro dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Asmoro menyampaikan bahwa jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II pada libur panjang ini diperkirakan meningkat sekitar 9 persen dibandingkan dengan kondisi normal. Namun, dia tidak merinci berapa jumlah penumpang di hari normal.

Menurutnya akhir pekan ini menjadi salah satu periode sibuk bagi sektor aviasi nasional sejalan dengan libur panjang 15-18 Juni 2024.

Baca Juga  45,6 Juta Orang Naik Kapal Feri ASDP di 2023

Asmoro juga menyatakan bahwa dari jumlah perkiraan 971.861 orang pada saat libur Hari Raya Idul Adha tahun 2024, penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan akan menjadi bandara tersibuk di Indonesia, yang diprediksi sebanyak 611.574 penumpang.

Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat di 20 bandara AP II pada libur panjang ini dapat mencapai 7.012 penerbangan, di mana sekitar 58 persen ada di Bandara Soekarno-Hatta yakni sebanyak 4.110 penerbangan.

Asmoro menuturkan peningkatan lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat sudah dimulai pada hari ini, 15 Juni 2024.

“Pada hari ini, 15 Juni 2024, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 268.625 penumpang dengan 1.861 penerbangan, di mana kemungkinan ini menjadi yang tertinggi selama periode libur panjang 15-18 Juni,” ungkap Asmoro.

Baca Juga  Satgaspam TNI AL Pastikan Keamanan Calon Jamaah Haji 2024

Lebih lanjut Asmoro mengatakan bahwa AP II telah menyiapkan rencana operasi di seluruh bandara guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang selama libur panjang.

Ia juga menuturkan AP II berkolaborasi erat dengan seluruh pemangku kepentingan guna memastikan kelancaran penerbangan.

“Di tengah tingginya lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat, seluruh bandara AP II tetap mengedepankan aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan pemenuhan terhadap seluruh regulasi,” ujar Asmoro.

Lebih lanjut, Asmoro mengimbau agar penumpang pesawat dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik termasuk tiba lebih awal di bandara guna memproses keberangkatan.

“Seluruh bandara AP II juga memastikan kesiapan fasilitas dan personel dalam melayani masyarakat yang melakukan perjalanan udara pada libur panjang Idul Adha ini,” ujar Asmoro.

Baca Juga  Program Gelora Cinta, Bupati Ikfina Ajak Ibu dan Anak Jaga Kesehatan

AP II saat ini mengelola 20 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga). (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *