Tokopedia Manjakan UMKM Lewat Festival Beli Lokal

JATIMPEDIA, Jakarta – Platform e-commerce PT Tokopedia menyelenggarakan Festival Beli Lokal di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu,24 Agustus 2024 hingga Minggu, 25 Agustus 2024.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Ulang Tahun Tokopedia ke-15, sekaligus menjadi peluang UMKM dalam negeri memasarkan produk-produk unggulannya. Festival tersebut menghadirkan lebih dari 125 kurasi produk UMKM, yang mencakup pengusaha fesyen, kuliner, kecantikan, hingga batik tradisional.

Peningkatan ini didukung oleh kampanye Beli Lokal di Tokopedia yang telah dilaksanakan sejak tahun 2023 lalu. Wilayah dengan kenaikan tertinggi yakni kota Cirebon di Jawa Barat, Ciamis, dan Kota Jepara di Jawa Tengah.

“Wilayah dengan kenaikan tertinggi dalam jumlah transaksi rata-rata rata-rata hampir dua kali lipat,” ungkap Melissa dalam konferensi pers di GBK Senayan, Sabtu (24/8/2024).

Baca Juga  Manparekraf Sandiaga Minta UMKM Lebih Kreatif dan Inovatif

Adapun produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yang rata-rata hanpir 9 kali lipat yaitu popok, hanpers, dan aksesoris kamera.

Pertumbuhan jumlah pelaku usaha di Tokopedia juga menunjukkan tren positif, dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual rata-rata hingga 1,5 kali lipat, terutama di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Selain itu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat juga menjadi wilayah dengan kenaikan transaksi tertinggi. Produk dengan kenaikan transaksi tertinggi di wilayah itu rata-rata hampir 3,5 kali lipat, yang sebagian besar dari penjualan produk parfum, deodoran, dan hijab.

“Tokopedia turut senang menjadi bagian dari penggerak ekonomi Indonesia,” tutur Melissa.(raf)

Baca Juga  Bupati Ikfina Dorong Festival Kopi Mojokerto Digelar Tiap Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *