Tahun Ini, Disperinnaker Surabaya Targetkan Penyerapan 3.000 Tenaga Kerja

Surabaya,JP – Tahun ini Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya menargetkan penyerapan 3.000 tenaga kerja di Surabaya. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2021 yang tercatat ada 2.815 tenaga kerja yang terserap di Kota Surabaya.

“Memang ada kenaikan dibanding tahun lalu sekitar 15 persen. Untuk mencapai target 3.000 tahun ini, kami sudah melakukan tiga program,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya, Achmad Zain.

Dijelaskan, tiga program penyerapan tenaga kerja itu meliputi , yaitu program Padat Karya yang berkolaborasi dengan berbagai dinas di Pemkot Surabaya. kemudian meluncurkan aplikasi ASSIK (Arek Suroboyo Siap Kerjo) yang menghubungkan antara perusahaan dengan para pencari kerja. Serta kegiatan Job Fair yang langsung mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja

Baca Juga  Gubernur Khofifah : Pemprov Jatim Komitmen Dukung Rumah Restorative Kejaksaan

Menurutnya, dari target penyerapan tenaga kerja itu, hingga Juni 2022 sudah ada 1.863 orang yang telah bekerja. Secara rinci, pada Januari ada 261 tenaga kerja, Februari ada 269 tenaga kerja, Maret ada 327 tenaga kerja, April 365 tenaga kerja, Mei 461 pekerja, dan Juni ada tambahan 180 tenaga kerja.

“Sebenarnya target kami selama Januari – Juni adalah 1.844 tenaga kerja yang terserap, tetapi alhamdulillah sudah terserap sebanyak 1.863 tenaga kerja atau setara 101,03 persen dari target selama semester I. Kami yakin bahwa di akhir tahun, target 3.000 pekerja itu akan terlampaui,” ujarnya.

Ditambahkan, dari target penyerapan tenaga kerja itu juga akan diberikan pelatihan dan pembinaan dari Pemkot Surabaya sehingga ketika sudah bekerja di perusahaan, tenaga kerja itu sudah memiliki bekal bahkan sertifikat dari Disnaker. (eka)

Baca Juga  Dorong Minat Baca dan Membumikan Semangat Literasi, Wabup Gresik Bu Min Resmikan Perpustakaan Digital

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *