Kabar Migas

Strategi Marketing 5.0 PGN Dorong Lonjakan Pelanggan Gas

JATIMPEDIA, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menyebutkan strategi Marketing 5.0 turut mendorong lonjakan pendaftaran pelanggan gas bumi perusahaan.

Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen yang semakin hibrid, PGN terus berinovasi dalam strategi pemasaran.

Melalui pendekatan omnichannel yang menyatukan kanal digital dan interaksi langsung, PGN memasarkan produk Gaskita untuk segmen rumah tangga dan UMKM serta GasLine untuk segmen komersial dan industri, secara adaptif, interaktif dan relevan dengan gaya hidup masa kini.

Menurut Ratih, salah satu kampanye yang menjadi unggulan adalah Bedah Dapur GasKita, yang menyasar keluarga di wilayah Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.

Dalam kampanye itu, PGN menyelenggarakan undian berupa renovasi dapur bagi pendaftar terpilih.

Baca Juga  Pertamina Drilling Manfaatkan AI Dukung Penerapan HSSE

Kampanye memanfaatkan pendekatan Marketing 5.0, termasuk media sosial dan live streaming TikTok shoppertainment untuk menjangkau konsumen secara lebih emosional dan interaktif.

Kampanye yang berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2024 tersebut menjangkau publik secara masif, dengan capaian lebih dari 11,6 juta impresi.

Efektivitas kampanye turut terlihat dari lonjakan pendaftaran layanan GasKita melalui kanal daring, yang meningkat sebesar 268 persen selama periode kampanye.

Pada Oktober 2024, tercatat lebih dari 1.400 pendaftar, dibandingkan sejumlah 390 pendaftar di Agustus 2024.

Ratih melanjutkan PGN juga memperkuat pendekatan phygital dalam pencarian informasi hingga proses berlangganan bagi calon pelanggan, baik dengan webrooming melalui situs www.pgas.id maupun showrooming melalui partisipasi di pameran yang berada di area pengembangan jaringan gas.

Baca Juga  PGN Pasok Gas Bumi ke Xinyi Solar Indonesia di KEK Gresik

Untuk menyasar segmen komersial dan industri secara antarbisnis (B2B), PGN juga mengoptimalkan kampanye digital melalui Google Ads.

Strategi itu diarahkan untuk menjangkau pelaku bisnis yang membutuhkan layanan energi gas bumi, dengan “landing page” khusus yang terintegrasi langsung ke situs pendaftaran.

Atas keberhasilan tersebut, lanjut Ratih, PGN dianugerahi OMNI Brand of The Year 2025 oleh Marketeers dalam kategori Branding Campaign Through Multi Platform.

PGN dinilai unggul dalam aspek creativity, innovation, reach dan impact, yang menjadikannya sebagai salah satu contoh transformasi pemasaran digital yang berhasil di sektor energi nasional.

PT PGN Tbk meraih penghargaan OMNI Brand of The Year 2025 oleh Marketeers dalam kategori Branding Campaign Through Multi Platform. ANTARA/HO-PT PGN Tbk

Ratih pun menekankan pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi.

Baca Juga  PGN Mulai Bangun Pipa Distribusi Ruas Mangkang - KIK Kendal

“Strategi yang adaptif sangat diperlukan seiring terjadinya perubahan pola komunikasi masyarakat yang semakin digital,” ujarnya.

Ia mengatakan PGN terus berupaya merespons perubahan tersebut agar tetap relevan dalam mengedukasi pasar mengenai energi transisi yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas bumi.

“Kemudahan pendaftaran berlangganan gas melalui website dan kemudahan komunikasi konsultasi melalui kanal ‘online’ membuat prospek pertumbuhan calon pelanggan dapat tetap dijaga,” tambah Ratih.

Sebagai wujud kelanjutan dari strategi pemasaran yang humanis dan interaktif, PGN juga meluncurkan aktivitas baru dalam bentuk ajang “Taman Jargas Nusantara”.

Acara juga mengedukasi publik melalui ruang terbuka yang dilengkapi instalasi visual edukatif, permainan anak, hingga booth pendaftaran berlangganan, sehingga menjadi sarana rekreasi sekaligus literasi energi gas bumi. (raf)