SIG Dukung Lokakarya Komunikasi Manfaatkan AI Optimalkan Medsos
JATIMPEDIA, Surabaya – Semen Indonesia Grup (SIG) mendukung lokakarya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Lokakarya Komunikasi bertema “Komunikasi Melalui Media Sosial dengan Optimasi AI”, yang digelar pada 24–25 April 2025 di Palm Park Hotel, Surabaya, Jawa Timur.
Kegiatan yang diikuti oleh 125 peserta dari fungsi komunikasi BUMN, Insan Muda BUMN, serta para pimpinan regional dari berbagai wilayah di Jawa Timur ini, merupakan langkah strategis dalam mengakselerasi digitalisasi komunikasi BUMN yang inklusif dan akuntabel.
Sebagai perusahaan BUMN penyedia solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendukung inisiatif Kementerian BUMN dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendukung kegiatan komunikasi, yang sejalan dengan Asta Cita Presiden Prabowo yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains dan teknologi.
SIG mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah menginisiasi kegiatan Lokakarya Komunikasi dan Optimasi AI dalam komunikasi media sosial bagi karyawan BUMN. SIG percaya bahwa pemanfaatan AI secara optimal dapat memberikan nilai tambah dalam membangun citra positif Perusahaan dan mendukung pencapaian tujuan strategis yang lebih besar, khususnya dalam aspek komunikasi di media sosial.
Teknologi AI telah membawa perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidupan di era modern saat ini. Dengan optimasi AI, setiap orang dapat menyampaikan pesan kepada publik dengan cara yang lebih efisien dan efektif.
Penguatan Kapasitas Lewat Materi dan Praktik Lapangan Hari pertama lokakarya diisi dengan sesi intensif bersama para pakar komunikasi digital dan teknologi, yaitu Putri Viola (Juru Bicara Kementerian BUMN), Teuku Gandawan Xasir, Reynaldi Francois (CEO Zando Agency; Co-Founder Aico Community), dan Grahita Muhammad (VP
Komunikasi PLN).
Sedangkan pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan site visit ke tiga aset strategis BUMN, yaitu Galangan Pelni Surya Surabaya, Rumah BUMN Surabaya, dan PT Petrokimia Gresik untuk praktik langsung yang akan memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis komunikasi dari Insan BUMN kepada masyarakat.
Peran Komunikasi untuk Rakyat dan Asta Cita.
Penguatan fungsi komunikasi BUMN tidak hanya penting untuk tata kelola internal, tetapi juga berperan besar dalam menyampaikan program, manfaat, dan keberpihakan BUMN kepada masyarakat luas yang sejalan dengan Asta Cita Presiden Prabowo, yakni visi pembangunan nasional yang diusung Pemerintah Indonesia.
Dalam konteks ini, komunikasi yang transparan dan partisipatif diharapkan dapat membantu meningkatkan keterbukaan informasi, meningkatkan kepercayaan rakyat terhadap BUMN, serta menjamin bahwa setiap kebijakan dan peran BUMN dapat dipahami, diterima, dan diawasi oleh publik. (raf)