SGN Gercep Pasca Integrasi Tingkatkan Kualitas, Kumpulkan Vendor On Farm dan Sinergi Penyediaan Benih
JATIMPEDIA, Surabaya – Pasca dilakukan integrasi pengelolaan on farm (kebun tebu) minggu lalu, PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) Anak perusahaan PTPN III (Persero) Holding Perkebunan yang bergerak di bidang komoditas gula, melakukan gerak cepat mengumpulkan para vendor penyedia jasa yang selama ini mengerjakan pekerjaan on farm berupa kegiatan Tebang Muat Angkut (TMA) dan Mekanisasi pada Jumat (16/08) di Surabaya.
Diharapkan pasca pertemuan tersebut dicapai komitmen bersama terkait dengan standar kualitas dan mutu pekerjaan sebagai upaya mewujudkan target pencapaian swasembada gula nasional oleh PTPN, sebagaimana diatur dalam perpres nomor 40 tentang pencapaian swasembada gula nasional.
“Kami menyampaikan beberapa komitmen, demikian juga outputnya kami juga mengharapkan komitmen para vendor baik yang sudah berkerja saat ini maupun nanti yang akan bekerja sama, untuk kemudian sebagai percepatan langkah bersama mendukung cita-cita swasembada gula”, harap Mahmudi Direktur Utama SGN.
Mahmudi menjelaskan beberapa kejadian terkait kualitas pekerjaan TMA yang dibawah standart menyebabkan kinerja pabrik juga turut terpengaruh bahkan menyebabkan kerugian yang material. Sehingga dikuatirkan akan memberikan dampak negatif dalam upaya peningkatan produktivitas gula.
“Beberapa GM (General Manager) melaporkan berhenti giling karena karena tebu yang digiling terikut batu dan benda keras lainnya, kedepan kami minta distandarkan kualitas pekerjaannya, terlebih kita sudah mengenal mutu manis bersih dan segar”, jelasnya lebih lanjut.
Pihaknya juga menegaskan komitmen untuk mempermudah proses administrasi dan proses finansial dalam transaksi dengan para penyedia jasa, khususnya pekerjaan bidang on farm.
“Komitmen kami untuk menjaga proses administrasi agar cepat dan lancar sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik, yang dipadukan dengn proses digitalisasi sistem”, terang Haryanto Direktur Keuangan yang turut dalam pertemuan tersebut.
Langkah ini mendapat sambutan positif dari para penyedia jasa, selain menjadi sarana komunikasi juga media solusi bila ada permasalahan teknis.
“Kami memberikan apresiasi kepada manajemen SGN, bisa menumbuhkan silaturahmi antar vendor dan juga dengan SGN, tentunya setelah proses integrasi ini kami harus mengenal lagi, mudah-mudahan kerjasama yang terjalin menjadi lebih baik lagi dan kita bisa maju bersama dengan lebih berkomitmen”, ungkap Tias salah satu vendor yang hadir. (eka)