Bisnis

PLN Situbondo Dukung Kelancaran SR-APP 2025

JATIMPEDIA, Situbondo PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kabupaten Situbondo, mendukung kelancaran pelaksanaan pekerjaan sambungan rumah alat pengukur dan pembatas (SR APP) 1 phasa zona 1 dan zona 2 tahun 2025.

Manager PLN UP3 Situbondo, Eka Panji Saptaprasetya mengatakan, dukungan kelancaran sambungan rumah alat pengukur dan pembatas ini diawali dengan apel dan gelar pasukan yang dilaksanakan pada Senin, 16 Juni 2025.

“Apel dan gelar pasukan yang digelar kemarin itu, untuk memastikan kesiapan seluruh peralatan dan personel dalam pelaksanaan pekerjaan sambungan rumah APP 1,” ujar Eka Panji Saptaprasetya, Selasa (17/6/2025).

Kegiatan apel sekaligus menjadi ajang koordinasi akhir sebelum pekerjaan di lapangan dilaksanakan, agar seluruh tahapan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Hingga Juli, BRI Life Telah Bayarkan Klaim Rp 2,88 Triliun

“Dalam pelaksanaan apel, seluruh tim lapangan mengikuti pengecekan kesiapan alat, perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3),” imbuhnya.

Selain itu, apel dilakukan untuk penguatan kembali komitmen terhadap budaya keselamatan (safety) dan nol kejadian (zero accident) yang selama ini menjadi prioritas utama PLN UP3 Situbondo.

“Termasuk juga penguatan koordinasi lintas bagian juga dilakukan untuk memastikan kelancaran pekerjaan di masing-masing zona,” ucap Eka Panji.

Sebagai bagian dari upaya memperkuat tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Komitmen Manajemen PT PLN tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

“Termasuk juga penandatanganan komitmen keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 zero accident PLN,” imbuhnya.

Pantauan RRI, penandatanganan dilakukan langsung oleh jajaran Manajemen PLN UP3 Situbondo bersama dengan perwakilan dari PT Cita Yasa Perdana selaku mitra kerja.

Baca Juga  39,6 Ton Kopi Robusta asal Malang Diekspor ke Mesir

“Langkah ini menjadi wujud nyata komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan kerja yang bersih, transparan, serta mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja sebagai prioritas utama,” kata Eka Panji.

Eka Panji menambahkan, kegiatan apel dan gelar pasukan merupakan bagian penting dari proses manajemen risiko, sekaligus upaya meningkatkan disiplin, sinergi, dan kesiapan mental seluruh personel sebelum turun ke lapangan.

“Kami ingin memastikan seluruh petugas dalam kondisi siap baik dari sisi mental, fisik, maupun perlengkapan kerja. Karena pekerjaan SR APP 1 ini membutuhkan ketelitian, kecepatan, dan sinergi yang solid antar tim,” katanya.

Melalui apel kesiapan, Eka Panji berharap pekerjaan sambungan rumah APP 1 phasa zona 1 dan zona 2 Tahun 2025 dapat berjalan lancar, aman, dan selesai tepat waktu sesuai target yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Selama 2024, Tabungan Pegawai di BNI Tumbuh 12,9 Persen

“Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas dan keandalan pasokan listrik, demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Situbondo dan sekitarnya,” ungkapnya.

PLN/SR APP 1 Phasa mengacu pada instalasi listrik rumah tangga satu fasa yang menggunakan Alat Pengukur dan Pembatas (APP) atau kWh meter. APP ini berfungsi untuk mengukur dan membatasi daya listrik yang digunakan, baik pada sistem pascabayar maupun prabayar.

“Sambungan Rumah atau SR adalah instalasi listrik milik PLN yang menghubungkan jaringan listrik PLN ke instalasi listrik pelanggan,” ucapnya. (sat)