Petrokimia Gresik Juara Umum Anak Usaha BUMN di Ajang AHI

Gresik, JP – Kinerja komunikasi Petrokimia Gresik mengantarkan perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia ini meraih Platinum Award atau Juara Umum sektor Anak Usaha BUMN dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022. Penghargaan diterima oleh Vice President (VP) Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik, Rama Yusron Harbiansyah mewakili manajemen di Malang, Jawa Timur, Jumat (28/10).

Platinum Award diraih Petrokimia Gresik karena berhasil meraih trophy terbanyak di seluruh kategori. Rinciannya, mendapat dua penghargaan pada Kategori Media Internal, yaitu Bronze Trophy yang diperoleh Majalah Gema Edisi 344 pada Sub Kategori Majalah Cetak, dan Gold Trophy untuk Sub Kategori Video Profile. Sementara, Website Petrokimia Gresik juga mendapatkan Silver Trophy pada Kategori Kanal Digital.

Berikutnya, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai “Pemimpin Anak Usaha BUMN Terpopuler di Media Digital” dan Petrokimia Gresik juga berhasil menjadi “Institusi Terpopuler di Media Digital” pada Sub Kategori Anak Usaha BUMN.

Baca Juga  Hingga Oktober, Transaksi QRIS Bank Mandiri Tembus Rp 2,6 Triliun

Rama pada Sabtu (29/10) menyampaikan bahwa, komunikasi merupakan aspek penting dalam menjalankan bisnis perusahaan. Apalagi di era informasi digital seperti saat ini, ancaman terhadap citra dan reputasi dapat menimpa siapapun, kapanpun, dan dimana saja. Untuk itu, manajemen memberikan support terhadap peran Public Relations (PR) di perusahaan.

“Komunikasi harus bisa memainkan peran yang lebih strategis. Apalagi saat ini Petrokimia Gresik tengah melakukan banyak pengembangan baik dalam rangka mendukung kemajuan pertanian di Indonesia, maupun industri kimia nasional. Maka, hal ini harus bisa disampaikan dengan baik kepada publik dan selaras dengan kebijakan komunikasi Pupuk Indonesia selaku holding,” ujarnya.

Rama juga mengungkapkan jika selama ini Direktur Utama Petrokimia Gresik memiliki concern terhadap aspek komunikasi. Sehingga manajemen memberikan dukungan atau full support terkait pengelolaan komunikasi di perusahaan.

Selama ini, Petrokimia Gresik memanfaatkan banyak platform sebagai media komunikasi. Diantaranya melalui Majalah Gema, video profile, media sosial Instagram YouTube, dan website yang dikelola secara dinamis. Petrokimia Gresik juga aktif melakukan digital campaign yang memanfaatkan seluruh saluran komunikasi perusahaan.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Grup Raih Penghargaan ASRRAT

“Media sosial perusahaan tidak hanya rutin update, tapi membangun konten-konten yang informatif, menarik, edukatif dan kekinian sehingga banyak menarik follower atau subscriber, dengan demikian program campaign perusahaan dapat memberikan hasil optimal,” ujar Rama.

Berikutnya, Petrokimia Gresik juga memiliki program Apresiasi Karya Jurnalistik yang saat ini dilakukan setiap caturwulan. Perusahaan juga memanfaatkan kanal press release untuk menyampaikan kinerja perusahaan. Program ini efektif mendorong pemberitaan positif.

“Prestasi ini juga tidak lepas dari keberhasilan strategi kami dalam mengemas kinerja perusahaan sehingga menarik bagi media massa, khususnya media digital yang saat ini perkembangannya semakin pesat,” tandasnya.

Rama juga menambahkan bahwa pencapaian ini juga tidak lepas dari peran dan kinerja yang baik dari seluruh Unit Kerja di Petrokimia Gresik yang telah bekerja secara optimal dan inovatif di era digital ini.

Baca Juga  Petrokimia Gresik Bantu Peternak Sapi Rp 150 Juta

Sementara itu, AHI merupakan kompetisi untuk kinerja kehumasan, dan AHI menjadi salah satu barometer pencapaian tertinggi kinerja komunikasi bagi banyak lembaga di Indonesia. Pada AHI 2022, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo juga dinobatkan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Digital, dan Kementerian Pertanian sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022. Kehadiran kompetisi ini mendorong terciptanya humas yang strategis dan kontributif bagi reputasi positif segenap institusi publik dan perusahaan.

“Semoga strategi komunikasi ini  mampu menginspirasi bagi dunia kehumasan di Indonesia. Melalui ajang ini, kita bisa saling bertukar pikiran untuk mendapatkan strategi komunikasi terbaik bagi instansi kita,” tutupnya

Tahun ini merupakan kali ketiga mengikuti AHI secara berturut-turut, dimana pada tahun 2022 adalah pencapaian tertinggi setelah berhasil menjadi Juara Umum. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *