Penumpang Pesawat Selama Libur Idul Adha Naik 9 Persen

JATIMPEDIA, Jakarta – Penumpang moda transportasi udara diprediksi mengalami lonjakan 9 persen pada libur panjang Iduladha 1445 Hijriah. Prediksi tersebut disampaikan PT Angkasa Pura II pada 20 bandara yang dikelolanya.

Pgs. SVP of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro mengatakan, prediksi pergerakan penumpang saat libur panjang Iduladha pada 20 Bandara mencapai 971.861 orang. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat sembilan persen dibandingkan kondisi normal.

“Pada libur Iduladha mulai 15-18 Juni, penumpang pesawat di 20 bandara meningkat sembilan persen. Jumlah totalnya mencapai 971.861 penumpang,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Dari jumlah tersebut, menurut Asmoro, rekor tertinggi dialami Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai bandara tersibuk di Indonesia, prediksi penumpang pada momentum Iduladha sebanyak 611.574 orang.

Baca Juga  Jawa Timur Borong 8 Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2024

Adapun pergerakan pesawat pada 20 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II mencapai 7.012 penerbangan. Di mana sekitar 58 persen ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau 4.110 penerbangan.

Asmoro memprediksi puncak dari lonjakan penumoang itu terjadi pada Sabtu 15 Juni 2024 ini. “Jumlah penumpang hari ini mencapai 268.625 jiwa dengan 1.861 penerbangan,” ucapnya.

Ia menyebut pihaknya telah menyiapkan rencana operasi pada 20 bandara guna mengantisipasi lonjakan penumpang ini. Di antaranya berkolaborasi erat dengan seluruh stakeholder guna memastikan kelancaran penerbangan.

“Seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II juga memastikan kesiapan fasilitas dan personel. Hal ini sebagai pelayanan masyarakat yang melakukan perjalanan udara pada libur panjang Iduladha,” kata Asmoro. (cin)

Baca Juga  Desa Wisata Jatim Binaan PLN Raih Penghargaan ISDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *