Pemkab Situbondo Siapkan Dana Rp 30 Miliar Bangun GOR

JATIMPEDIA, Situbondo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur mengalokasikan anggaran sekitar Rp30 miliar untuk pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karna (GOR Bung Karna) pada APBD 2024.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan pembangunan gedung olahraga di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, itu merupakan bagian mendukung keolahragaan di “Kota Santri Pancasila” itu.

“Kami bersyukur pembangunan gedung olahraga ini bisa terlaksana pada tahun ini, terima kasih kepada semua pihak,” katanya usai peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karna Situbondo, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan gedung olahraga yang mampu menampung atau memiliki kapasitas 3.000 orang itu nantinya mampu meningkatkan kemampuan para atlet seluruh cabang olahraga di Situbondo.

Baca Juga  Dongkrak Penghasilan, Nelayan Situbondo Diajari Budidaya Rumput Laut

Atlet masing-masing cabang olahraga yang ada, kata Bupati Karna Suswandi, bisa latihan di gedung olahraga tersebut untuk dapat meningkatkan keahliannya.

Pembangunan gedung olahraga ini, lanjut Bupati Karna Suswandi,diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan (untuk pembangunan gedung induk GOR).

“Kami juga ingin rakyat Situbondo sehat rohani maupun jasmani. Dan apabila saya masih dipercaya kembali oleh masyarakat Situbondo juga akan membangun stadion yang lebih representatif,” katanya.

Bupati juga meyakini pembangunan gedung olahraga di Desa Kilensari akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Situbondo, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi.

“Saya yakin ini menjadi daya ungkit perekonomian rakyat Situbondo. Ketika kompetisi tingkat regional dan nasional terlaksana di sini akan banyak orang datang dan peredaran uang juga meningkat,” kata dia.

Baca Juga  BBM Naik, Khofifah Pastikan Pasokan Bahan Pokok dan Gas Stabil

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyampaikan terima kasih kepada bupati karena sangat peduli terhadap perkembangan dunia olahraga dengan membangun gelanggang olahraga.

“Tentunya para atlet dari seluruh cabang olahraga yang ada di Situbondo bangga dengan adanya gelanggang olahraga yang saat ini baru dibangun, karena menjadi tempat representatif bagi para atlet untuk latihan, termasuk jadi tempat even olahraga regional maupun nasional,” katanya.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Kabupaten Situbondo Samsuri menambahkan maksud dan tujuan pembangunan gedung olahraga ini dapat menjadi tempat pembinaan, latihan dan kompetisi seluruh cabang olahraga (selain sepak bola).

Baca Juga  Pj Wali Kota Mojokerto Imbau Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan

“Sedangkan anggaran untuk pembangunan GOR Bung Karna ini berasal dari APPBD dan DBHCHT Rp30,9 miliar,” ujarnya. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *