Pemerintah Tambah Kuota Pertalite dan Solar Tahun Ini

Jakarta, JP – Pemerintah memastikan bakal menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar di tahun ini.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, estimasi beban subsidi dan kompensasi energi tahun 2022 yang mencapai Rp 650 triliun telah memasukan perhitungan untuk kuota BBM subsidi yang baru.

“Itu sudah kita hitung menggunakan volume yang baru. Artinya Pertalite tadinya kita perkirakan hanya 23 juta KL (kilo liter), sudah kita naikkan menjadi sekitar 29 juta KL. Kalau solar yang tadinya kita perkirakan hanya disekitar 15 juta KL, sudah kita naikan menjadi 17,4 juta KL,” ungkap Suahasil.

Sebelumnya, Badan Anggaran DPR menyebutkan tidak akan ada lagi penambahan kuota subsidi untuk tahun ini. Di sisi lain, lonjakan konsumsi untuk BBM Subsidi terus terjadi baik untuk Pertalite maupun Solar subsidi.

Baca Juga  Dwi Soetjipto : Ada Potensi Temuan Migas Yang Diminati Big Player

Terkait hal ini, Suahasil mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk berkordinasi dengan DPR RI untuk potensi penambahan kuota BBM subsidi.

Menurutnya, peningkatan konsumsi BBM juga menjadi implikasi meningkatnya aktivitas masyarakat.

“Kita tentu harus komunikasikan dan menyampaikan, namun kita juga ingin melihat pemulihan ekonomi dimasyarakat berjalan terus,” kata Suahasil. (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *