Pelatihan CTO, TTL Siap Bersaing Secara Global
JATIMPEDIA, Surabaya – PT Terminal Teluk Lamong (TTL) melakukan pelatihan Container Terminal Operation (CTO) bagi pegawai operasional terminal pada 16–18 Juni 2025.
Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi TTL dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) dan berlangsung di Kantor TTL, Surabaya.
Pelatihan ini bertujuan untuk memperluas wawasan serta memperdalam pemahaman terkait pola operasional dan pemanfaatan teknologi di terminal petikemas, demi mewujudkan Operational Excellence yang berkelanjutan.
Dalam sambutannya, Muhammad Syukur, Direktur Operasi dan Teknik TTL menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi SDM sebagai bagian dari strategi pengembangan layanan operasional terminal.
“Inti bisnis dari terminal petikemas adalah pelayanan. maka, pelatihan CTO ini menjadi langkah penting perusahaan dalam mempersiapkan SDM yang andal dan profesional, selaras dengan nilai-nilai AKHLAK yang menjadi fondasi budaya perusahaan,” ujar Muhammad Syukur.
Seluruh peserta dibekali dengan pendekatan teori dan studi kasus aktual yang relevan dengan tantangan operasional saat ini. Berbagai aspek penting dalam operasional terminal seperti Shipping Industry & Containerization, Terminal Design-Capacity-Facility & Equipment, Business Process & Organization Structure, Terminal Performance & Safety, serta pengenalan Terminal Operating System (TOS) dan konsep Revenue-Cost Management juga diberikan dalam pelatihan ini.
Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas, Ady Sutrisno dalam arahannya menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan CTO ini merupakan pijakan awal bagi TTL untuk menjadi terminal petikemas berkelas dunia.
“Semoga pelatihan ini membuka wawasan baru bagi peserta terhadap tren dan inovasi dalam industri logistik, serta mampu menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam industri logistik global,” ungkap Ady Sutrisno.
Dengan adanya pelatihan ini, TTL memantapkan komitmennya dalam membangun budaya pembelajaran berkelanjutan di lingkungan kerja.
Pelatihan CTO menjadi bukti bahwa investasi terhadap SDM adalah langkah strategis untuk menciptakan layanan yang adaptif, unggul, dan mampu bersaing secara global. TTL percaya, terminal masa depan dibangun oleh insan-insan kompeten yang siap menjawab dinamika industri logistik yang terus berkembang. (cin)