Kenangan Brands Targetkan 1.000 Gerai Tahun Ini
JATIMPEDIA, Surabaya – PT Bumi Berkah Boga atau Kenangan Brands optimistis akan memiliki 1.000 gerai dari total seluruh brand yang ada dibawah naungannya, baik di domestik maupun internasional. Saat ini, Kenangan Brands menaungi Kopi Kenangan, Chigo, Cerita Roti, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, Hanya Untukmu, dan Satu Kenangan, serta telah beroperasi di Malaysia dan Singapura melaui brand internasional mereka, yaitu Kenangan Coffee.
Corporate Affairs Manager Kenangan Brands Ruth Davina mengatakan, saat ini perusahaan telah mengoperasikan sebanyak 841 gerai di dalam negeri dan 50 gerai di luar negeri. “Pada akhir tahun, ditargetkan akan memiliki 1.000 gerai da pada 2027 memiliki 2.000 gerai,” ungkapnya kepada Investor Daily, belum lama ini.
Di dalam negeri, lanjut Ruth, Kenangan Brands telah masuk hingga ke kota tier ketiga, terlebih dengan kehadiran brand terbaru mereka, yaitu Satu Kenangan. Brand ini menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Kopi Kenangan dan kepemilikannya juga ada yang ditawarkan melalui kemitraan.
“Satu Kenangan ini telah memiliki 30 gerai di Pulau Jawa. Hal ini karena harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8.000 karena full menggunakan kopi jenis Robusta,” jelasnya.
Ruth mengatakan, Kenangan Brands akan melakukan ekspansi internasional ke negara ketiga dan keempat yaitu Filipina dan India. Sama seperti Malaysia dan Singapura, kedua negara ini juga akan beroperasi di bawah nama merek internasional Kenangan Coffee. Kopi Kenangan berharap dapat mempercepat perjalanan ekspansi globalnya melalui strategi lisensi bisnis dengan pemain F&B lokal di negara yang dituju.
Filipina menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang akan disambangi oleh Kenangan Coffee. Memiliki selera kudapan manis yang mirip dengan Indonesia, Filipina menjadi langkah ekspansi yang tepat.
Di kalangan generasi muda, yang merupakan pelanggan utama Kopi Kenangan dan Kenangan Coffee, popularitas kopi fresh brew semakin meningkat, terutama es kopi. Dari tahun 2021 hingga 2023, penjualan kopi di Filipina tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 20%.
Awal 2025 akan menjadi langkah pertama Kopi Kenangan untuk melakukan ekspansi ke negara di luar Asia Tenggara, yaitu India. Konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan Gen Z dan Millennials. Pertumbuhan ini juga dicerminkan dengan pertumbuhan penjualan chained cafes di India pada tahun 2020-2022 yang mencapai 29%. (raf)