Honda Siapkan Model Terbaru, Segmen SUV Alami Penyesuaian Distribusi
JATIMPEDIA, Jakarta -PT Honda Prospect Motor (HPM) kini tengah menyiapkan peluncuran model anyar yang akan memperkuat jajaran produk mereka, khususnya di salah satu segmen utama: SUV. Sebagai langkah strategis menyambut model baru ini, Honda melakukan penyesuaian dalam distribusi kendaraan, termasuk mengatur ulang pasokan untuk segmen SUV.
Sepanjang April 2025, kontribusi SUV terhadap total penjualan wholesales mengalami penurunan menjadi 24%, lebih rendah dibanding rata-rata bulanan sebelumnya yang biasanya berada di atas 35%. Penurunan ini merupakan bagian dari strategi transisi menuju peluncuran model baru.
Selain penyesuaian distribusi, beberapa model CBU (Completely Built-Up) juga mengalami kendala pengiriman karena masalah logistik global. Kondisi ini sedikit memengaruhi jumlah pasokan secara keseluruhan. Meski begitu, Honda menegaskan komitmennya untuk terus menjaga ketersediaan produk dan layanan terbaik untuk konsumen di seluruh wilayah Indonesia.
Yusak Billy selaku Direktur Penjualan, Pemasaran, dan Layanan Purna Jual PT HPM menyampaikan bahwa pasar otomotif nasional masih menghadapi sejumlah tantangan di awal tahun 2025. “Kami sedang melakukan penyesuaian distribusi sebagai bagian dari persiapan peluncuran model baru. Tak lama lagi, model terbaru akan diperkenalkan ke publik,” ungkapnya.
Sebagai bagian dari roadmap elektrifikasi di Indonesia, Honda menargetkan peluncuran tiga model hybrid pada 2025. Salah satu di antaranya, Honda Civic RS e:HEV, sudah resmi meluncur pekan lalu. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Honda menuju netralitas karbon secara global pada tahun 2050.(raf)