GWM Bangun Komunitas Pemilik Tank di Surabaya

JATIMPEDIA, Surabaya –  Terus meningkatnya permintaan masyarakat terhadap model-model GWM mendasari PT Satya Mandiri Motors (SMM) selaku authorized dealer GWM di Jawa Timur untuk terus memperkuat pasar melalui branding konsumen. Kali ini, GWM menggelar acara eksklusif bersama para konsumen GWM Tank 300 Diesel di Surabaya.

Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membentuk komunitas pengguna Tank di Indonesia, sembari memperkenalkan gaya hidup baru bertema offroad modern kepada para pecinta otomotif.

“Acara ini kami selenggarakan untuk membangun kedekatan antara brand dan konsumen GWM Tank di Surabaya. Kami ingin menciptakan ekosistem yang solid melalui komunitas, agar pengguna bisa saling berbagi pengalaman dan inspirasi,” ujar Alvin Harsono, Operation Director SMM di sela acara Media Test Drive bersama GWM di Surabaya, Minggu (24/8/2025).

GWM Tank 300 Diesel saat ini menjadi salah satu model terlaris di Surabaya. Mengusung mesin diesel yang bertenaga namun tetap halus, SUV ladder frame yang mengedepankan ketangguhan dan kenyamanan ini berhasil memikat banyak konsumen –termasuk mereka yang sebelumnya menggunakan produk kompetitor.

SUV ini dibekali mesin 2.4L diesel Turbo dengan Variable Geometry Turbocharged (VGT) yang dikontrol secara elektronik ini mampu mereduksi turbo lag secara signifikan serta mencapai torsi maksimalnya di 480 Nm pada putaran mesin relatif rendah, yaitu 1.500 RPM, mempertahankan torsi tersebut hingga putaran mesin 2.500 RPM.

Baca Juga  Pasar Otomotif Indonesia Ramai Mobil CBU, BYD Jadi Pemimpin Impor 2025

GWM Tank 300 juga menawarkan berbagai kelebihan, di antaranya hadir dalam dua varian sistem penggerak, yaitu 4×2 dan 4×4, yang masing-masing dilengkapi 20 fitur ADAS Level 2 serta dilengkapi fitur lainnya yang dirancang untuk menjawab kebutuhan berbeda sesuai dengan gaya berkendara dan karakter medan yang dihadapi.

“Sejauh ini, pemesanan Tank 300 Diesel di Surabaya sudah menembus angka dua digit dan terus bertambah. Respons konsumen sangat positif, terutama karena kenyamanan dan fitur offroad-nya yang lengkap,” tambah Alvin.

Selain Tank 300, GWM juga memperkuat portofolio produknya melalui model ORA 03, Tank 500, dan Jolion. Khusus ORA 03, model ini menyasar konsumen muda dan stylish dengan harga kompetitif mulai dari Rp 389 juta. Pengiriman ORA 03 sudah mencapai puluhan unit sejak pertama kali diluncurkan.

“Konsumen GWM mayoritas berusia antara 21 hingga 50 tahun. Menariknya, pengguna Tank 300 tidak hanya didominasi pria, tetapi juga banyak perempuan yang menyukai tampilannya yang gagah dan fitur berkendaranya,” kata Alvin.

Baca Juga  Honda Raih Dua Penghargaan di Japan Car of the Year 2024-2025

GWM juga menunjukkan keseriusan dalam pengembangan teknologi elektrifikasi. Selain BEV, GWM dikenal piawai dalam memproduksi model hybrid dan kini tengah menyiapkan varian plug-in hybrid (PHEV). Di pasar Tiongkok, model PHEV GWM mendapatkan insentif yang sama dengan kendaraan listrik murni, menjadikan segmen ini semakin menarik.

Sebagai bagian dari penguatan komunitas, SMM dalam waktu dekat akan meresmikan Tank Owner Club Indonesia pada Oktober 2025 dengan tema “Tiba-tiba Tank”. Peluncuran ini akan dibarengi dengan konvoi perdana serta pendaftaran resmi ke Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Kami ingin komunitas ini menjadi rumah bagi para pemilik GWM Tank. Tak hanya sekadar otomotif, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup dan kebersamaan. Ini akan jadi awal terbentuknya komunitas Tankters di Indonesia,” ujar Alvin.

Operation Manager PT Satya Mandiri Motors, Erik Engkuwang menambahkan bahwa pihaknya optimistis dengan pertumbuhan pasar sejak hadirnya Tank 300 Diesel yang kini dipasarkan di kisaran Rp 668 jutaan (on the road) Surabaya.

Baca Juga  Lexus Resmi Luncurkan LX 700h Hybrid: SUV Tangguh dengan Fitur Canggih

“Target kami di ajang GIIAS Surabaya 2025 adalah 50 hingga 80 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Saat ini sudah tercatat 20 unit Tank 300 Diesel dalam status inden dan unit akan mulai dikirim awal September,” jelas Erik.

Dalam rangka GIIAS Surabaya, GWM juga menghadirkan berbagai program menarik. Untuk pembelian ORA, konsumen akan mendapatkan voucher listrik, sementara untuk model lain seperti Tank dan Jolion tersedia promo voucher BBM senilai jutaan rupiah.

Seiring dengan terus meningkatnya animo konsumen terhadap GWM, lanjut Erik, pihaknya terus akan menambah jaringan diler. Targetnya GWM memiliki hampir 10 jaringan dealer di wilayah Jawa Timur. Dukungan jaringan dan layanan purna jual yang kuat menjadi kunci GWM dalam memperluas pasar serta membangun kepercayaan konsumen terhadap brand.

“GWM bukan hanya menjual mobil, tetapi juga menawarkan gaya hidup baru di dunia otomotif. Lewat komunitas, teknologi, dan layanan kami, kami yakin GWM bisa menjadi pilihan utama di segmen SUV dan EV di Indonesia,” tutup Erik. (cin)