Bupati Banyuwangi Pastikan Layanan Publik Berjalan Normal

JATIMPEDIA, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengecek layanan kesehatan dan Mal Pelayanan Publik untuk memastikan telah berjalan normal pada hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Setelah libur panjang biasanya banyak warga yang mengurus berbagai keperluannya. Kami ingin memastikan warga terlayani dengan baik,” katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Titik pertama bupati meninjau Puskesmas Kertosari dengan mengecek loket-loket pelayanan serta fasilitas yang ada di puskesmas tersebut.

“Di hari pertama kerja ini kami ingin mengecek secara langsung bagaimana layanan kesehatan, sekaligus menyapa para tenaga kesehatan. Kami mengapresiasi para nakes yang bekerja keras dan tidak libur selama arus mudik dan balik Lebaran,” ujarnya.

Baca Juga  Kenang MenPAN-RB, Gubernur Khofifah Sebut Tjahjo Kumolo Sosok yang Bijak Dan Rendah Hati

Selama libur Lebaran, Pemkab Banyuwangi menyiagakan 1.071 tenaga kesehatan untuk pelayanan kesehatan dan mereka bertugas di pos-pos pelayanan kesehatan (posyankes) yang dibuka di sepanjang jalur mudik dan tempat pariwisata. Sebagian juga bersiaga di beberapa puskesmas dan rumah sakit yang buka selama 24 jam.

Ipuk meninjau layanan kesehatan di Puskesmas Kertosari dan RSUD Blambangan Banyuwangi. Di puskesmas dan RSUD Blambangan, Bupati berkeliling dan melihat layanan yang sudah tampak ramai pengunjung.

Terutama di RSUD Blambangan, ruang tunggu terlihat ramai, tidak hanya pasien tapi juga dipenuhi oleh pengantar.

Bupati mengatakan, untuk mengantisipasi padatnya pengunjung nantinya akan dilakukan pembatasan jumlah pengantar atau pendamping. Ini karena terlihat satu pasien di antar atau didampingi.

Baca Juga  PLN UID Jatim Jamin Keandalan Listrik Selama AFF U-19

“Selain memastikan layanan telah berjalan normal, ini juga untuk mengevaluasi. Seperti kami akan evaluasi terkait batasan jumlah pandamping agar tidak terlalu padat di ruang tunggu, apalagi sekarang pelayanan sudah dibuka semua,” katanya.

Ipuk meminta masyarakat untuk membiasakan daftar online dan datang sesuai jadwal yang telah ada agar tidak menumpuk seperti saat sekarang.

Setelah dari RSUD Blambangan, Ipuk juga memantau layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan jujukan masyarakat yang hendak mengurus beragam dokumen kependudukan dan perizinan.

Di MPP Ipuk keliling ke berbagai loket pelayanan guna memastikan semuanya sudah aktif dan para pengunjung dapat terlayani dengan baik.

“Antrean memang banyak, maklum setelah Lebaran memang seperti ini. Biasanya dimanfaatkan orang luar kota yang mudik untuk mengurus dokumennya,” kata Ipuk. (sat)

Baca Juga  Bupati Yes, Lamongan Siap Hadapi Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *