Bisnis

Bank Mandiri Borong Penghargaan Asian Banking & Finance Awards 2025

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendapatkan tiga Wholesale Banking Awards 2025 dan tiga Retail Awards 2025 dari Asian Banking & Finance (ABF), berkat kinerja yang positif pada segmen wholesale dan retail.

“Penghargaan ini menunjukkan dedikasi Bank Mandiri dalam terus berinovasi untuk menghadirkan solusi keuangan yang relevan dan dapat diandalkan oleh nasabah. Kami akan terus berinvestasi dalam teknologi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah dan masyarakat,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Untuk Wholesale Banking Awards 2025, Bank Mandiri dinobatkan sebagai “Indonesia Domestic Trade Finance Bank of The Year”, “Indonesia Domestic Cash Management Bank of the Year”, dan “Indonesia Data Governance Bank of the Year”.

Sedangkan untuk Retail Award 2025, Bank Mandiri dianugerahi penghargaan sebagai “Indonesia AI & Machine Learning Initiative of the Year”, “Indonesia Data Governance Initiative of the Year”, dan “Indonesia Private Bank of the Year”.

Baca Juga  Perhutani Kerja Sama dengan PG Rajawali I Dukung Swasembada Gula

Dari sisi wholesale banking, Darmawan memandang bahwa layanan trade finance telah menjadi komponen krusial dalam perdagangan domestik maupun global dalam memfasilitasi transaksi dan menyediakan solusi keuangan bagi importir dan eksportir.

Seiring dengan itu, Bank Mandiri mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor-impor sebesar 31 persen year on year (yoy) hingga lima bulan pertama tahun ini.

Hingga Mei 2025, volume ekspor yang difasilitasi Bank Mandiri mencapai 31,4 miliar dolar AS. Sementara volume transaksi impor lewat Bank Mandiri naik menjadi 28,9 miliar dolar AS pada Mei 2025.

Darmawan mengatakan kinerja ini tak terlepas dari langkah strategi Bank Mandiri dalam menyediakan berbagai solusi untuk transaksi documentary creditdocumentary collection, dan open account, yang dirancang untuk memastikan kelancaran transaksi bisnis nasabah dari tahap pra-pengiriman hingga pasca-pengiriman.

Baca Juga  BULOG Salurkan Bantuan Pangan Beras untuk 18,2 Juta Penerima

“Kami akan terus mengembangkan solusi pembiayaan yang relevan, fleksibel, dan berbasis teknologi untuk memperkuat posisi nasabah di pasar domestik maupun internasional,” kata dia.

Darmawan menambahkan seluruh kebutuhan tersebut dapat diakses oleh nasabah melalui Kopra by Mandiri yang memainkan peran strategis dalam memperkuat kapabilitas layanan wholesale banking.

Platform ini dirancang untuk menyatukan berbagai kebutuhan transaksi korporasi dalam satu ekosistem digital yang adaptif dan terintegrasi.

Bank Mandiri juga memperkuat layanan cash management bagi nasabah wholesale dalam mengelola kas. Berbagai kemudahan fitur yang dapat diakses nasabah seperti transfer, pembayaran tagihan, payrollautodebetvirtual account dan pengelolaan likuiditas.

Menurut perseroan, layanan ini semakin diandalkan oleh nasabah yang tercermin dari transaksi Cash Management Bank Mandiri yang tumbuh 13 persen yoy atau mencapai lebih dari 550 juta transaksi, dengan nilai transaksi melonjak 20 persen yoy atau lebih dari Rp9.500 triliun per Mei 2025.

Baca Juga  Tingkatkan Kinerja, Unilever Berencana Lepas Bisnis Es Krim

Adapun dari sisi retail banking, Bank Mandiri telah menyediakan layanan digital bagi nasabah ritel melalui super apps Livin’ by Mandiri.

Hingga Mei 2025, Livin’ by Mandiri telah digunakan oleh lebih dari 31,6 juta pengguna aktif dengan total frekuensi transaksi sebesar 1,8 miliar kali dan nilai transaksi mencapai Rp1.744 triliun, tumbuh 12 persen secara yoy.(cin)