Asyiknya Mahasiswa Asing Ikuti Lomba Makan Kerupuk di Unusa

Surabaya, JP – Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Ini juga dirasakan 32 mahasiswa asing dari 12 perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur mengikuti lomba tradisional yang digelar Global Engagement Nahdlatul ulama University of Surabaya (Genus) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Kamis (18/8).

Rektor Unusa, Prof. Achmad Jazidie mengatakan, mahasiswa asing yang berasal dari 13 Negara, mulai dari Asia, Timur Tengah, hingga Afrika diundang untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami ingin memperkenalkan, salah satu dari kegiatan kegiatan bangsa dalam memperingati hari kemerdekaanya, khususnya kegiatan kegiatan yang mengeskpresikan kegembiraan,” ujarnya.

Baca Juga  20 Ribu Pelajar SD SMP dari Keluarga Miskin di Surabaya Bakal Dapat Seragam Gratis

Para mahasiswa asing ini diperkenalkan empat jenis permainan tradisional, yang biasa dilakukan saat merayakan kemerdekaan, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, “nyunggi tempeh” dan memindahkan karet dengan tusuk sate, serta balap terompa.

“Permainan permainan yang sering secara tradisional sudah menjadi bagian dari semacam budaya bangsa ini dalam memperingati Kemerdekaan setiap tahun,” ujar dia.

Reltor Unusa Prof. Jazidie berharap, kegiatan permainan tradisional yang mereka ikuti ini nantinya, dapat dikenang ketika mereka kembali ke negara asal masing masing.

“Mereka lebih mengenal Indonesia, dengan kegiatan ini termasuk makanan makanan khas Indonesia, dan keramah-tamahan bangsa Indonesia, dan lebih penting lagi mereka tahu bagaimana Bangsa Indonesia ini menyambut gembira kemerdekaan itu,” kata Rektor Unusa.

Baca Juga  Tak Hanya Farel Prayoga, Pembawa Baki Upacara Bendera di Istana Juga Asli Banyuwangi

Sementara itu, salah satu mahasiswa asing yang turut berpartisipasi, Alhussein Marzuk asal Yaman, menyampaikan selamat atas perayaan Kemerdekaan Indonesia.

“Saya berdoa Indonesia yang terbaik, saya mengucapkan selamat ulang tahun. Merdeka! Merdeka!,” kata mahasiswa asing asal Universitas Narotama Surabaya ini.

Puluhan mahasiswa asing ini, berasal dari Yaman, Myanmar, Timor Leste, India, Afganistan, Turkmenistan, Thailand, Malagasy, Mesir, Nigeria, Pakistan, Somalia, Libia, dan Sierra Leone.

Tampak para mahasiswa asing ini antusias mengikuti satu persatu permainan tradisional yang disuguhkan. Mereka tidak hanya diuji kreativitasnya, tetapi juga kerja sama antarmahasiswa. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *