ASDP Indonesia Ferry Gandeng tiket.com untuk Penjualan Tiket
JATIMPEDIA, Jakarta – Libur Hari Raya Idul Fitri sangat akrab dengan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman, baik melalui jalur darat, udara maupun laut. Sebagai salah satu moda transportasi terbaru, untuk kali pertama tiket kapal ferry dapat dibeli di platform tiket.com, sebagai bentuk kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry.
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyambut baik kerja sama dengan tiket.com. Menurut dia dengan membuka jalur pembelian tiket secara online, dapat mengurai tingkat kepadatan di pelabuhan ferry dan membuat penumpang yang hendak menyeberang antar pulau menjadi lebih nyaman.
“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini, dan bersemangat dengan potensi kerja sama lainnya ke depan. Penerapan teknologi dalam layanan kami merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan bagi masyarakat yang siap untuk mudik. Dengan pembelian tiket secara online, diharapkan pengguna kapal ferry sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan,” ujar Shelvy dalam keterangan.
Dikutip dari keterangan bahwa sejak diluncurkan di tiket.com, pembelian tiket ferry terus menunjukkan peningkatan. Khususnya di minggu pertama Ramadan yang naik sebesar 10% dibandingkan minggu sebelumnya.
Head of Ground Transportation tiket.com Julian Martin pun optimistis pemesanan tiket ferry akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Berdasarkan data di tiket.com, pemesanan tiket di platform online travel agent (OTA) paling banyak datang dari rute Merak-Bakauheni, dan diikuti rute Bakauheni-Merak. Sebagai informasi, untuk saat ini tiket.com baru melayani pembelian rute Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang-Gilimanuk (PP).
Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan RI, diprediksi ada lonjakan pemudik di tahun ini sebesar 70%, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnnya. Diperkirakan juga, ada 167,2 juta orang yang melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024.
Data tersebut menunjukkan lonjakan signifikan terhadap antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan menjelang liburan lebaran, dibandingkan tahun sebelumnya. Tingginya antusiasme dapat terlihat dari kenaikan pemesanan tiket transportasi yang sangat signifikan di tiket.com, yakni mencapai 60,8% dibandingkan pada 2023 year-on-year (yoy).
Sedangkan untuk pemesanan akomodasi dan atraksi wisata atau aktivitas hiburan masing-masingnya mengalami peningkatan 18,4% dan 16,5% di tahun ini yoy.
Dari peningkatan pembelian tiket transportasi, pemesanan tiket kereta api di tiket.com adalah yang paling diminati. Jika dibandingkan periode libur Lebaran 2023, pemesanan tiket kereta api ke berbagai rute di tahun ini meningkat sebesar 60,9%. Ada pun sejumlah destinasi terpopuler di antaranya Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Cirebon.
“Sebagai OTA yang berfokus pada customer-centric, tiket.com ingin terus memberikan yang terbaik bagi sobat tiket. Di antaranya seperti saat kebutuhan transportasi menjadi salah satu yang paling dicari seperti sekarang ini. Untuk memastikan siapapun tetap bisa mudik, tiket.com turut berekspansi dan mendorong sobat tiket agar menjelajahi opsi transportasi terbaru di platform kami, seperti kapal ferry, bus, dan shuttle,” demikian penjelasan Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa.
Selain menawarkan opsi transportasi yang lebih beragam untuk mudik tahun ini, lanjut Gaery, tiket.com juga mengadakan program “Tiket Hari Raya (THR) Pol-polan”: yang berlangsung hingga 3 April 2024. Pada program ini para Sobat tiket bisa mendapatkan penawaran harga terbaik untuk berbagai transportasi, akomodasi, hingga atraksi dan aktivitas hiburan, dengan diskon hingga 45% dan extra cashback sampai Rp 575 ribu. (raf)