Bank Mandiri Taspen Tuntaskan Perubahan Sistem Layanan Perbankan
JATIMPEDIA, Jakarta – Bank Mandiri Taspen telah merampungkan perubahan sistem layanan perbankan ke platform baru New Core Banking System (NCBS).
Plt Direkur Utama Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan system core banking terbaru ini menjadi bagian dari transformasi digital bank dan telah digunakan pada seluruh layanan perbankan yang tersedia.
“NCBS merupakan bagian dari komitmen strategis Bank Mandiri Taspen dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan bagi seluruh nasabah. Sistem ini menghadirkan layanan yang lebih cepat, efisien, andal, dan aman, sekaligus siap menyambut era digital banking,” ujar Maswar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
Menurutnya, pembaruan ini bertujuan untuk mengoptimalkan infrastruktur TI, memperkuat keamanan data, dan meningkatkan efisiensi operasional perbankan.
Selain itu, sistem NCBS dirancang untuk menjawab kebutuhan terkini nasabah, terutama kalangan senior dan keluarga.
“Pergantian ini diharapkan menjadi motor penggerak pembangunan fondasi teknologi, untuk mendorong pertumbuhan yang lebih agresif dan meningkatkan kualitas layanan di masa depan,” tambahnya.
Lebih rinci, Direktur IT dan Digital Bank Mandiri Taspen Widi Nugroho menjelaskan salah satu perubahan signifikan dari implementasi NCBS adalah penggantian jumlah nomor rekening nasabah menjadi 10 digit. Perubahan ini berlaku untuk semua produk tabungan dan giro dan pinjaman.
Meski begitu, nomor rekening lama tetap dapat digunakan untuk menerima dana masuk sampai batas waktu yang ditentukan oleh bank.
Sementara untuk transaksi aktif seperti transfer keluar, pembayaran, dan transaksi lainnya, nasabah menggunakan nomor rekening baru.
“Untuk informasi nomor rekening baru dapat dilihat langsung melalui aplikasi Movin, atau dicatatkan oleh petugas saat nasabah mengunjungi kantor cabang untuk memperbarui buku tabungan,” jelas Widi.
Bank Mandiri Taspen memastikan nasabah tidak perlu mengganti kartu ATM maupun buku tabungan secara menyeluruh.
Buku tabungan lama masih dapat digunakan, hanya perlu diperbarui data nomor rekeningnya. Sementara kartu ATM lama akan secara otomatis terhubung dengan nomor rekening baru, sehingga nasabah tetap dapat melakukan transaksi tanpa gangguan.
“Proses pembaruan tersebut tidak dikenakan biaya tambahan apapun,” ungkapnya.
Bank Mandiri Taspen juga menjamin bahwa seluruh dana nasabah tetap aman selama proses transisi.
Transaksi tetap dapat dilakukan melalui seluruh kanal, termasuk ATM, aplikasi Movin (mobile banking Bank Mandiri Taspen), dan jaringan kantor cabang.
Sebagai bentuk dukungan selama masa transisi, Bank Mandiri Taspen juga menyediakan layanan pelanggan melalui Mantap Call di nomor 14024 serta kanal resmi di media sosial dan situs web perusahaan. (cin)