Pelanggan Bisa Pesan Tiket Dua KA Tambahan Lebaran di Stasiun Malang
JATIMPEDIA, Malang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya secara resmi telah membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran sejak 23 Februari 2025. Hadirnya KA tambahan ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan untuk menikmati libur masa Angkutan Lebaran 2025. Di Stasiun Malang, ada dua kereta tambahan saat lebaran.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, KAI Daop 8 telah membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran untuk keberangkatan mulai tanggal 21 Maret 2025. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada masa angkutan lebaran, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini.
“KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 1446H/Tahun 2025 selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Setiap harinya KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan KA jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Malang sebanyak 13 KA, terdiri dari 11 KA reguler dan 2 KA tambahan lebaran, dengan total kapasitas 6.614 tempat duduk setiap hari,” ungkap Luqman, Senin (24/2/2025).
KA tambahan keberangkatan dari Stasiun Malang adalah KA Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng dan KA Gajayana Tambahan relasi Malang – Gambir.
“KAI Daop 8 Surabaya memahami bahwa Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan KA tambahan lebaran di Stasiun Malang untuk memberikan lebih banyak pilihan perjalanan dan mengakomodir tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik pada saat lebaran,” ujarnya.
Pada bagian lain Tercatat sebanyak 22.386 tiket KA lebaran keberangkatan Stasiun Malang yang telah dipesan oleh masyarakat pada Senin (24/2/2025). Sedangkan, pelanggan yang turun di Stasiun Malang pada masa angkutan lebaran 2025 tercatat 17.989 pelanggan.
Menager Humas KAI Daop 8, Luqman Arif menjelaskan, dari data tersebut H-3 lebaran atau 28 Maret 2025 masih menjadi yang paling favorit dipesan oleh masyarakat.
“Sementara itu, H+3 lebaran atau 6 April 2025 menjadi pilihan favorit pelanggan pada masa arus balik,” ungkapnya.
Mayoritas para pelanggan didominasi pemesanan tiket dengan KA jarak jauh reguler dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang.
KAI Daop 8 Surabaya mengimbau, bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket KA jarak jauh untuk masa angkutan lebaran agar memperhatikan kembali data identitas diri, jadwal perjalanan KA yang dipilih, dan juga relasi KA.
“Jangan sampai salah input data ketika melakukan pemesanan, mengingat peminat KA pada masa angkutan lebaran sangat tinggi,” kata Luqman.
KAI mengimbau masyarakat merencanakan perjalanannya jauh hari dengan segera memesan tiket selagi masih cukup banyak tersedia, terlebih dengan bertambahnya kapasitas setelah dibukanya pemesanan tiket KA tambahan.
“KAI siap melayani pelanggan dengan sepenuh hati selama masa angkutan Lebaran 1446 H. Melalui penambahan perjalanan kereta api, peningkatan layanan, serta komitmen terhadap keselamatan dan kenyamanan, KAI memastikan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan lebih berkesan,” tutup Luqman Arif. (sat)