BTN Resmi Luncurkan Super App “Bale by BTN”
JATIMPEDIA, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi meluncurkan Bale by BTN sebagai sebuah Super App yang menawarkan solusi menyeluruh dan layanan melalui inovasi digital.
“Kita telah meluncurkan sebelumnya secara soft launching di tahun lalu, tapi hari ini secara resmi kita lakukan grand launching Bale by BTN, Super App yang akan memberikan pengalaman baru perbankan bagi seluruh nasabah kita,” ungkap Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam peluncuran BALE by BTN yang bertepatan dengan ulang tahun BTN ke-75 di Jakarta, Minggu.
Melalui peluncuran tersebut, pihaknya berharap dapat mencatat empat hingga lima juta pengguna (user) Bale by BTN hingga akhir tahun 2025.
Bale by BTN disebut menjadi inisiatif strategis perseroan untuk bisa lebih kompetitif lagi dalam menjadikan BTN sebagai bank transaksional. Berbagai fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi perbankan dan keuangan tersedia melalui Bale by BTN, sehingga nasabah hanya perlu mengakses satu Super App untuk berbagai kebutuhan.
Bale by BTN disebut memberikan pengalaman perbankan baru bagi nasabah dengan journey lengkap. Mulai dari pembukaan rekening tabungan dana eDeposito, transactional banking, pengajuan kredit, pengajuan merchant, lifestyle ekosistem unggulan, hingga Plus by BTN Prioritas.
Berbagai fitur dan manfaat lainnya juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan seluruh segmen nasabah setiap saat, seperti pengelolaan portofolio investasi, serta cashback 30 persen di 51 merchant nasional dan 1.731 merchant lokal.
Super App ini turut menghubungkan nasabah dengan ekosistem perumahan dengan menggabungkan platform BTN Properti ke dalam Bale by BTN dan mengembangkan fitur pengajuan KPR online yang lebih efisien.
“Sebagai visi baru BTN pada tahun 2024-2029, kami telah mencanangkan ‘Beyond Mortgage‘, yaitu menjadi ‘Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia’. Jadi, tidak hanya mortgage, tapi seluruh kebutuhan transaksi keluarga yang kita support pembiayaan rumahnya untuk bisa dilayani oleh bank tabungan negara,” katanya.
Adanya Super Apps ini diharapkan dapat menarik lebih banyak dana murah ritel secara berkelanjutan, mempermudah nasabah memenuhi berbagai kebutuhan mereka secara digital, dan membantu peningkatan dana pihak ketiga (DPK) ritel serta pendapatan berbasis biaya (fee-based income).
“Hari ini, yang sudah menjadi user Super App kita sebanyak 2,3 juta dan volume transaksinya terus naik hari ini, sudah Rp6,6 triliun per bulan dan kita setiap bulannya mendapatkan kurang lebih 100 ribuan customer atau user baru dari Super App ini,” ujar Nixon.
Pada akhir Desember 2024, BTN mencatat peningkatan hampir 43 persen year-on-year (yoy) di saldo tabungan menjadi Rp16,76 triliun dari sebelumnya Rp11,66 triliun. Sementara itu, saldo eDepo melonjak 103,84 persen yoy menjadi Rp5,3 triliun dari sebelumnya Rp2,6 triliun, dan saldo merchant naik 58,6 persen yoy menjadi Rp2,49 triliun dari sebelumnya Rp1,57 triliun.
Mayoritas user aktif BTN Mobile (nama aplikasi sebelum Bale by BTN) didominasi oleh segmen milenial atau nasabah produktif yang memiliki penghasilan dan terbiasa melakukan transaksi dengan menggunakan mobile banking.
SEVP Digital Business BTN Thomas Wahyudi mengharapkan Bale by BTN akan diminati oleh segmen berusia muda, yakni para Gen Z. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Super App ini didesain dengan daya tarik lebih catchy dan tone warna soft, lengkap dengan ikon-ikon fitur yang mudah digunakan oleh anak muda.
“Kami sengaja menggunakan nama Bale untuk Super App ini karena berasal dari kata ‘balai’ yang berarti ‘rumah’. Jadi, ini adalah ‘rumah’ bagi masyarakat Indonesia. Seperti filosofi bale yang berarti balai atau rumah tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, kami berharap Bale by BTN mampu menjadi rumah bagi seluruh aplikasi BTN sehingga menjadi one stop service bagi kebutuhan finansial maupun layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari termasuk, lifestyle nasabah,” ucap Thomas dalam keterangan resmi. (raf)