GAIKINDO Jakarta Auto Week 2024: Target Penjualan 6.000 Unit Mobil, Momentum Pemulihan Pasar Otomotif
JATIMPEDIA, Jakarta– Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) optimis bahwa ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 akan menjadi pendorong pemulihan pasar otomotif nasional. Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara GJAW 2024, Rizwan Alamsyah, menargetkan penjualan hingga 6.000 unit mobil selama pameran yang berlangsung dari 22 November hingga 1 Desember 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Target ini lebih tinggi dari pencapaian GJAW 2023 yang mencatat penjualan 5.000 unit dengan nilai transaksi Rp2 triliun.
Pameran tahun ini mencatat kenaikan 42% jumlah peserta, dari 19 merek mobil di tahun sebelumnya menjadi 27 merek mobil. Selain mobil, berbagai merek sepeda motor, aksesoris, dan suku cadang juga turut memeriahkan pameran ini, sehingga total peserta melebihi 80 perusahaan. Rizwan menyoroti kehadiran dua merek baru, Zeekr dan Aletra, serta kembalinya merek Amerika, Ford, yang siap menyapa pasar Indonesia di GJAW 2024.
Untuk mengakomodasi partisipasi yang lebih besar, GJAW 2024 dipindahkan dari Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, ke ICE BSD City. Jadwal pameran juga digeser dari kuartal pertama ke kuartal keempat, dengan harapan dapat mendorong peningkatan penjualan otomotif di akhir tahun.
GJAW 2024 juga akan menjadi ajang debut bagi tiga produsen mobil listrik asal China, yaitu Maxus, Zeekr, dan Aletra. Maxus, yang dihadirkan oleh Indomobil dari Grup Salim, serta Zeekr yang didistribusikan oleh PT Premium Auto Prima, dan Aletra oleh PT Sinar Armada Globalindo (PT SAG), siap bersaing di pasar kendaraan listrik yang berkembang pesat di Indonesia.
Dengan beragam merek yang hadir, GJAW 2024 diharapkan dapat menjadi katalisator bagi peningkatan minat dan penjualan otomotif di Indonesia. (raf)