Dorong Pengembangan Bisnis UMKM, Bank Jatim Sukses Selenggarakan Diskofest 2024

JATIMPEDIA, SurabayaDalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) telah sukses menyelenggarakan Diskofest 2024 pada tanggal 18 Oktober 2024 hingga 20 Oktober 2024.

Bertempat di Surabaya Expo Center, kegiatan dengan tema Dukung Inovasi UMKM Lokal tersebut dimeriahkan oleh artis – artis papan atas Indonesia seperti D’masiv, Tiara Andini, Coldiac, hingga FakeDopp. Selain itu, event gratis untuk umum ini juga diisi oleh ratusan booth UMKM binaan bankjatim dari seluruh wilayah Jawa Timur.

 

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menjelaskan, Diskofest 2024 adalah inisiatif bankjatim untuk mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM serta meningkatkan perekonomian Jawa Timur. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi UMKM binaan bankjatim untuk memamerkan dan menjual produk-produk inovatif mereka. Sebab, dengan mendukung
UMKM, tidak hanya membantu para pengusaha kecil untuk bertahan dan berkembang saja, tetapi juga turut memperkuat perekonomian lokal serta melestarikan kekayaan budaya Jawa Timur. Tercatat, pengunjung Diskofest 2024 selama tiga hari sukses tembus angka 23 ribu orang dengan total transaksi mencapai lebih dari 400 juta rupiah.

Baca Juga  Tahun 2023, Tabungan Simpeda Tembus Rp 72 Triliun

 

Bankjatim senantiasa akan terus konsisten mendorong pelaku UMKM untuk terus berkembang hingga mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sekaligus menembus pasar internasional melalui digitalisasi, pemberdayaan dan pembiayaan. ”Sebagai BUMD terbesar di Jawa Timur, kami tidak hanya memberikan dukungan berupa pembiayaan saja kepada UMKM, tetapi juga menyediakan wadah promosi dan pembinaan bagi UMKM, salah satunya lewat Diskofest ini. Beragam jenis UMKM hadir dalam Diskofest 2024. Seperti batik, aksesoris, makanan minuman, fashioncraft, dan masih banyak lagi. Sepanjang acara, seluruh pengunjung juga bisa melakukan transaksi dengan QRIS bankjatim,” paparnya.

 

Menurut Busrul, Diskofest 2024 adalah kesempatan emas bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk berbelanja produk lokal berkualitas tinggi sekaligus bisa mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Setiap produk yang dipamerkan merupakan hasil kreasi UMKM binaan bankjatim yang telah dipilih dengan cermat berdasarkan kualitas, inovasi, dan daya saingnya di pasar. 

Baca Juga  Ramadan, Bisnis Kafe dan Restoran di Jatim Terkerek Hingga 40 Persen

Sementara bagi para pelaku UMKM, Diskofest 2024 menjadi ajang strategis untuk memperluas jaringan, menarik pelanggan baru, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membawa produk mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Sehingga melalui acara ini, bankjatim berharap dapat mendorong UMKM untuk lebih berkembang dan bersaing di pasar global, sejalan dengan misi Trade Connect Summit yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu.

 

”Dengan adanya pameran UMKM yang dibalut dengan konser musik seperti ini sebenarnya dapat memberikan multiplier effect banyak pihak. Keberkahan dari terselenggaranya suatu konser atau festival musik tidak hanya dirasakan oleh usaha terkait produksi festival itu sendiri. Beberapa sektor terkait pasti akan turut kecipratan dampaknya. Contohnya adalah UMKM sektor makanan, minuman, kerajinan, dan lain lain di sekitarnya pasti akan hidup,” terangnya.

Baca Juga  Bank Jatim Dukung OJK Jatim Perkuat Pengawasan Keuangan

 

Sementara itu, Diskofest 2024 tidak hanya menyuguhkan pameran UMKM dan hiburan musik saja, namun juga menghadirkan berbagai aktivitas menarik yang bisa diikuti oleh pengunjung dari segala usia. Bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan tentang dunia bisnis dan keuangan, acara ini menyediakan seminar dan talkshow dengan tema-tema inspiratif yang relevan, mulai dari pengelolaan keuangan hingga tips berwirausaha bagi pelaku UMKM.

 

Kemudian untuk anak-anak dan remaja, disediakan juga kompetisi menggambar untuk tingkat SD dan SMP yang akan melatih kreativitas mereka sambil bersenang-senang. Bagi penggemar kopi, ada Fun Cupping Competition yang memungkinkan peserta untuk mencoba dan menilai berbagai jenis kopi dari para pelaku UMKM kopi lokal. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengikuti Reels Challenge, sebuah kompetisi seru bagi mereka yang suka membuat konten kreatif di media sosial. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *