BSI Berangkatkan 5 UMKM Binaan ke Arab Saudi Ikuti Festival

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten dan berkesinambungan senantiasa menunjukkan dukungan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional untuk go global dan menembus pasar internasional.

BSI memberangkatkan lima UMKM binaan untuk mengikuti acara Festival Amazing Indonesia 2024 di Jeddah, Arab Saudi pada 26-28 September 2024.

Kelima UMKM binaan itu yakni Mocafine (UMKM di bidang produk sehat gluten free), Ulunowih Gayo Coffee (produsen kopi specialty asal Aceh), Sweet Sundae (UMKM es krim asal Yogyakarta), Inabee Mukena (UMKM produsen mukena premium), dan NRA (UMKM di bidang usaha travel umrah dan haji).

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, para UMKM binaan yang diberangkatkan ke ajang internasional tersebut telah melalui proses kurasi yang ketat, antara lain dengan mengidentifikasi uniqueness selling produk (USP) dan memastikan produk memiliki kualitas yang berstandar internasional. Selain itu, kapabilitas produksi, dan kesesuaian dengan target market di pasar global khususnya Arab Saudi.

Baca Juga  Bank Jatim Syariah Presentasikan Produk Perbankan ke PD Muhammadiyah Gresik Gantikan BSI

“Kelima UMKM ini diharapkan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi UMKM-UMKM binaan BSI lainnya untuk bisa terus naik kelas dan go global. BSI sendiri terus mengupayakan agar semakin banyak UMKM kita yang mampu bersaing di pasar global, khususnya di pasar Timur Tengah, seperti UEA dan Arab Saudi,” kata Hery dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Hery menyebut, BSI terus mendorong UMKM untuk dapat naik kelas di segala aspek. Baik dari sisi prospek usaha, kualitas produk, pemasaran, permodalan dan juga dari sisi akses pasar agar dapat berkompetisi dan terus berkembang baik di panggung nasional maupun global.

Pembiayaan UMKM BSI juga terus mengalami tren pertumbuhan positif. Hingga Agustus 2024, pembiayaan UMKM di BSI tercatat mencapai Rp 46,259 triliun, tumbuh 24,7% year on year (yoy), dengan total nasabah mencapai lebih dari 42.000 UMKM.

Baca Juga  BSI Fasilitasi UMKM Binaan Ekspor ke Bahrain dan UEA

Selain itu, BSI terus memberikan kesempatan agar para UMKM dapat masuk ke kancah global melalui business matching dan keikutsertaan dalam berbagai event expo seperti BSI International Expo beberapa waktu lalu serta Festival Amazing Indonesia 2024 di Jeddah yang sedang berlangsung. BSI juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan secara kontinyu melalui BSI UMKM Center yang berlokasi di Aceh, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar.

“Ada juga program Talenta Wirausaha BSI dan Aceh Muslimpreneur yang rutin BSI adakan setiap tahun untuk menjaring UMKM-UMKM potensial yang belum masuk ke dalam binaan BSI. Lewat kedua acara tersebut, BSI berharap ada UMKM-UMKM yang fresh dan memiliki uniqueness,” tutur Hery.

Baca Juga  BSI Siapkan Uang Tunai Rp2,8 Triliun untuk PON

Strategi yang dilakukan BSI untuk menjadikan UMKM dapat naik kelas antara lain dengan pelatihan, pendampingan agar UMKM terbiasa melakukan presentasi saat business matching, serta memberikan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan awareness terhadap UMKM dengan melibatkan mereka ke dalam Event-Event BSI maupun mengikutsertakan kedalam kegiatan Business Matching skala nasional maupun internasional. (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *