Trafik Jaringan XL Axiata Didominasi Pengguna Live Streaming
Jakarta, JP – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mengunggkapkan, pengguna live streaming mendominasi trafik jaringan XL Axiata saat ini. Jumlah ini meningkat sekitar 100% dibandingkan pada 2018, di mana trafik live streaming saat itu masih di bawah 10%.
Trafik ini juga dikontribusi dari pengguna YouTube, salah satu aplikasi yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL Axiata. Bahkan lebih dari 50% pengguna XL mengakses YouTube secara aktif.
“Saat ini, 70% komposisi trafik kita dari live streaming. Jumlah meningkat tajam dibandingkan 2018 yang masih di bawah 10%. Bahkan kalau lebaran bisa sampai 75%,” kata Yessie D Yosetya, Direktur and Chief Digital Transformation & Enterprise Business Officer PT XL Axiata Tbk saat peluncuran kerja sama antara XL Axiata dan YouTube Shorts di Jakarta, Selasa (1/11).
Menurut Yessie, karena animo masyarakat Indonesia yang cukup besar terhadap konten-konten yang ada di YouTube, maka pihaknya pun memutuskan untuk menjalin kolaborasi dengan YouTube, terutama platform YouTube Shorts, yang menyediakan konten-konten dengan video yang berdurasi pendek.
YouTube Shorts adalah platform berbagi video berdurasi pendek yang ditawarkan oleh YouTube. Platform ini menampung beragam konten seperti layanan utama YouTube, dalam bentuk penggalan video pendek dengan durasi maksimal hingga 60 detik. Fitur ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Juli 2021.
“Kolaborasi ini sekaligus menandai XL Axiata sebagai operator pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan YouTube dalam menghadirkan penawaran menarik untuk mengenalkan YouTube Shorts ini. Masih terkait momentum ulang tahun ke-26, program ini sekaligus merupakan implementasi dari komitmen XL Axiata untuk terus menghadirkan inovasi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Yessie.
Yessie menambahkan, pihaknya memahami kebutuhan pelanggan saat ini, yang sangat membutuhkan berbagai saluran informasi dan hiburan melalui platform media sosial. Platform YouTube shorts dinilai sebagai salah satu sarana yang tepat bagi masyarakat untuk menyalurkan berbagai kreatifitas, dan juga inovasi yang dimiliki.
“Sangat penting bagi kami untuk bisa memahami kebutuhan pelanggan di era yang menawarkan beragam saluran informasi dan hiburan melalui berbagai platform media sosial. Kepercayaan pelanggan kepada kami inilah yang kemudian memberikan kami semangat untuk menjalin kolaborasi dengan YouTube dalam memberikan beragam penawaran untuk lebih mudah mengakses YouTube Shorts,” tambah Yessie. (raf)