1 Juta Penumpang Pesawat Berangkat via Bandara AP II Periode Mudik 2024

JATIMPEDIA, Jakarta – Sebanyak 20 bandara PT Angkasa Pura II melayani 1,08 juta penumpang pesawat pada H-7 s.d H-4 (3-6 April) lebaran 1445 H/2024. Jumlah ini meningkat 15% dibandingkan periode angkutan lebaran tahun lalu yang sebanyak 940 ribu penumpang.

Khusus untuk puncak arus mudik pada H-4 (6 April 2024), jumlah pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang. AP II menyatakan puncak arus mudik berjalan dengan lancar dan kondusif.

Di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus mudik 6 April tercatat 187.750 penumpang. Sehingga, pada 3-6 April (H-7 sampai H-4) jumlah penumpang mencapai 658.607 penumpang atau naik sekitar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga  OJK RI Pilih Desa Dolokgede Kabupaten Bojonegoro Jadi Ekosistem Keuangan Inklusif

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder bandara menjadi kunci utama kelancaran pelayanan dan operasional pada puncak arus mudik. Seluruh stakeholder di bandara AP II memiliki tujuan yang sama pada angkutan lebaran, yakni menyambut dan turut mengantarkan masyarakat khususnya penumpang pesawat untuk berjumpa dengan keluarga di bulan suci ini.

“Terima kasih atas dukungan masyarakat dan stakeholder, antara lain maskapai, AirNav Indonesia, ground handling, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, TNI dan Polri, serta Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, sehingga operasional dan pelayanan di bandara-bandara AP II secara umum dapat berjalan dengan baik,” ujar Cin Asmoro dalam keterangannya, Minggu (7/4/2024).

Baca Juga  Momentum Pelestarian Sejarah dan Budaya di Hari Jadi Kabupaten Mojokerto

Lebih lanjut, Cin Asmoro menuturkan salah satu indikator kelancaran operasional dan pelayanan pada arus mudik (H-7 hingga H-4) adalah tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) dari maskapai yang mencapai rata-rata 95% di seluruh bandara AP II.

Kelancaran pelayanan dan operasional pada angkutan lebaran termasuk saat puncak arus mudik ini juga didukung infrastruktur yang dilengkapi sistem teknologi informasi terkini yakni Terminal Operation Center (TOC) yang ada di setiap bandara. (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *